Senin, 17 Sya'ban 1445 H | 26 Februari 2024
UPTJJ IV Dinas PUPR Riau Mulai Lakukan Perbaikan Jalan Amblas di Inhil
Pemprov Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Jalan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas PUPR-PKPP memperbaiki jalan Kuala Cinaku-Rumbai Jaya, Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau.

Pekanbaru - Ruas jalan Kuala Cinaku-Rumbai Jaya, Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau amblas. Penyebab amblas akibat abrasi dan dilintasi truk melebihi batas maksmial tonase atau over dimension/loading (ODOL). 

Pemprov Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Jalan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas PUPR-PKPP tancap gas mengebut perbaikan. Panjang ruas jalan yang amblas 50 meter. Jalan ini merupakan jalur penghubung Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kabupaten Inhil. 

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTJJ Wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Ludfi Hardi, ST, MT mengatakan, sesuai arahan Gubernur Riau Syamsuar, bahwa jalan tersebut akan dibangun jembatan pada tahun 2024. Namun, untuk memperlancar aksesibilitas transportasi warga, saat ini ruas jalan tersebut mulai diperbaiki sampai fungsional. 

"Untuk saat ini kita lakukan perbaikan dengan pemasangan geogrid dan geotex agar jalan tersebut dapat fungsional dengan baik," ujar Ludfi yang akrab dipanggil Ucok.

Dikatakan dia, Kadis PUPR Riau Arief Setiawan dan Kepala UPTJJ wilayah IV, Yunan Haris terus memantau dan menggesa perbaikan fungsional jalan. Namun, mengingat tingginya curah hujan pada akhir-akhir ini, ia berharap agar pengendara truk odol tidak melintasi jalan tersebut. Pengendara bisa melalui jalan alternatif, yakni simpang granit. 

Lutfi mengatakan, bahwa saat ini ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam memperbaiki jalan di wilayah UPTJJ Wilayah IV. Di antara lain kondisi tanah yang tidak stabil, lalu banyaknya angkutan Odol yang lewat di ruas jalan tersebut. 

"Kalau ada angkutan batu bara dan angkutan sawit yang terbalik, masyarakat sangat dirugikan," ujar Ludfi. 

Diberitakan sebelumnya, jalan yang menghubungkan Inhu dan Inhil amblas gegera abrasi dan sering dilintasi truk odol. Akibatnya kendaraan menuju ke Inhil maupun ke Inhu harus melewati jalan alternatif. Kendaraan yang melintas harus menerobos banjir dan lubang besar sepanjang 50 meter. 

Untuk mencegah abrasi Pemprov Riau sudah berulang kali meminta Kementrian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai untuk membuat turap. Untuk tahun depan Dinas PUPR PKPP Riau akan membangun jalan tersebut dengan jembatan sistem kaki seribu agar bisa lebih kuat.

(Mediacenter Riau/MC Riau)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Polsek Pulau Burung Pakai Sampan Sosialisasi Pemilu Damai

Jumat, 29 Desember 2023 | 19:09:14 WIB

Tim Gabungan Amankan 123 Kendaraan di Tembilahan

Rabu, 06 Desember 2023 | 14:35:42 WIB

Kakek di Inhu Diserang Beruang, Masih Dirawat di RSUD

Sabtu, 02 September 2023 | 10:49:07 WIB

Dinas PKH Riau Vaksin Rabies Massal di Kempas Inhil

Selasa, 25 Juli 2023 | 12:20:29 WIB