Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Jembatan Flyover di Pekanbaru Aman, Bagian Retak hanya Plesteran
Sekda Provinsi Riau, SF Hariyanto (dua dari kanan) mengecek kondisi flyover Harapan Raya, Pekanbaru, Riau, pada Jumat (8/9/2023).

PEKANBARU -  Beredar foto jembatan layang (flyover) Jalan Sudirman - Simpang Harapan Raya, Kota Pekanbaru mengalami retak. Flyover itu berada di pertengahan kota Pekanbaru.

Dalam foto itu tertulis narasi, "flyover depan RS Sapira, jangan lewat di sini dulu". Di foto juga terlihat seperti ada retakan pada sisi flyover. 

Setelah mendapat foto tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau bersama forum LLAJ dan Satlantas Polresta Pekanbaru turun ke lokasi, Jumat (8/9). 

Mereka turun untuk memastikan kebenaran informasi yang menyatakan flyover tersebut retak. Dari hasil tinjauan tersebut, Dinas PUPR-PKPP Riau memastikan bahwa kontruksi flyover tidak ada masalah. 

Sekda Pemprov Riau SF Hariyanto mengatakan tidak ada hal yang mengkhawatirkan dari jembatan flyover tersebut.

Retakan itu terjadi di beberapa titik antar sambungan siar atau expantion join. Sambungan retak karena merupakan plaster baru pengganti relief.

Sekda ikut mengecek flyover bersama Kepala Dinas PUPR Riau, Arief Setiawan, Kepala UPT Wilayah I Nopri dan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina terlihat langsung turun. Para pejabat turun untuk memastikan flyover itu aman.

"Jadi tadi malam kami dapat berita, dapat foto yang membuat gempar masyarakat untuk jangan lewat sini (flyover). Makanya saya, pak kadis dan teman-teman kepolisian ini juga ada buk Kasat Lantas turun," kata Anto, sapaan akrabnya di lokasi.

Anto telah memastikan tidak ada masalah pada flyover tersebut. Sebab, keretakan hanya pada lapisan luar pengganti relief yang sempat berjatuhan.

"Kita sudah sama-sama cek, sama-sama lihat. Ini dulu ada relief, tapi karena relief berjatuhan digantilah pakai lapis pelester saja. Inilah yang terkelupas karena posisi itu ada karet, dia harus bergerak," ucap Anto.

Selain itu, Anto juga menyampaikan tkdak ada masalah pada konstruksi dan struktur. Apalagi setelah dicek oleh tim Dinas PUPR Riau bahwa semua kontruksi pada flyover dipastikan aman untuk dilalui.

"Hanya plester saja (yang retak), tidak ada konstruksi kena. Kan elastis, plester ada gesekan ya retak dia lapisannya, struktur aman, tidak ada masalah. Semua yang disampaikan masyarakat tentu harus kami cek, nanti dikerjakan sama PUPR," kata Sekda.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Kompol Birgitta Atvina yang ikut mendamping tim mengecek memastikan jalan layang itu aman. Gitta menyebut kendaraan masyarakat aman melewati flyover itu. 

"Sudah kita cek bersama Pak Sekda dan kawan-kawan PUPR, flyover aman. Kendaraan tetap bisa melintas seperti biasa ya," ucap Gitta.

(Mediacenter Riau/asn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB