Kamis, 17 Syawwal 1445 H | 25 April 2024
Simpang Pasar Pagi Arengka Pekanbaru Tergenang, Dinas PUPR Riau Ungkap Penyebabnya

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau mengungkap penyebab genangan air meluap di Simpang Pasar Pagi Arengka, Kota Pekanbaru, Riau. Kejadian ini sempat menghebohkan media sosial saat Kota Bertuah diguyur hujan lebat seharian pada, Rabu (6/9/2023) lalu. 

Di mana banjir di jalan provinsi tersebut karena aliran air tersumbat sampah, yang menyangkut di pipa air maupun kabel jaringan, sehingga menghambat aliran air. 

Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau, M Arief Setiawan mengatakan, jika pihaknya telah mengecek penyebab genangan air di simpang Pasar Pagi Arengka tersebut. 

"UPT I Jalan dan Jembatan sudah mengecek penyebab banjir itu. Setelah dicek, ternyata di dalam box terdapat pipa dan kabel-kabel jaringan. Jadi sampah-sampah menyangkut di pipa dan kabel itu, sehingga menghambat aliran air," katanya. 

Atas kondisi itu, lanjut Arief, UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I telah melakukan pembersihan drainase dengan menyedot sampai yang menyumbat di dalam drainase. 

"Jadi sampah itu sudah disedoh menggunakan alat vakum. Petugas juga masuk ke dalam untuk membersihkan sampah itu. Kemudian lumpur-lumpur juga sudah diangkat," terangnya. 

"Sekarang kita sedang mencari cara bagaimana memindahkan pipa dan kabel-kabel itu, nanti kita akan koordinasi dengan pihak terkait. Namun untuk antisipasi agar sampat tidak menyumbat lagi, kita kasih jaring di luar box untuk menahan sampah," tukasnya. 

(Mediacenter Riau/amn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pentingnya Pembinaan Atlet Sejak Usia Dini

Rabu, 24 April 2024 | 21:56:51 WIB