Selasa, 8 Syawwal 1445 H | 16 April 2024
Roadshow Bus KPK (Foto dok KPK).

PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI akan melaksanakan aksi kampanye kolektif dan kolaborasi mengangkat tema “Jelajah Negeri  Bangun Antikorupsi”.  Roadshow Bus KPK akan melakukan kegiatan selama 4 hari di Kota Pekanbaru, mulai 24 hingga 30 September 2023.

Tujuannya, KPK mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, dengan target sasaran masyarakat umum, yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, guru dan dosen juga tenaga pendidik, pegawai negeri, komunitas, pengusaha dan unsur lainnya. 

Selain itu, dalam menyambut tahun politik Pemilu 2024 ini, KPK memandang praktik politik uang menyebabkan politik berbiaya mahal, menjadi karakter lingkungan yang membudaya, sehingga akhirnya dianggap menjadi hal yang lumrah. Oleh karena itu, KPK mengajak masyarakat untuk menolak segala bentuk Politik Uang.

Tahun 2023 ini, ada 6 ibukota Provinsi di Sumatera yang menjadi tujuan, yaitu Kota Bengkulu, Kota Jambi, Kota Pekanbaru, Kota Padang, Kota Medan dan Kota Banda Aceh.

Brach Manager Sumatera Barat Tim EO KPK Pusat Ira Anggraini mengungkap untuk rute Roadshow Bus KPK di wilayah Riau ini, dimulai dengan pelepasan bus dari Jambi menuju Pematang Reba pada 18 September 2023. 

"Dari Jambi menuju Pematang Reba pukul 09.00 - 17.00 WIB Tim KPK akan disambut oleh Pemkab Inhu. Lalu pada keesokan harinya, pukul 10.00 - 12.00 WIB Tim KPK akan melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhu dilaksanakan dalam upaya meminimalisir korupsi di daerah," ungkap Ira Anggraini, di Pekanbaru, Jumat (8/9/2023). 

"Pukul 12.00 - 13.00 WIB mereka istirahat dan pada pukul 13.00 - 17.00 WIB mereka melanjutkan perjalanan dari Pematang Reba ke Pelalawan dan tentunya akan dikawal oleh Ditlantas sekitar," lanjutnya.

Kemudian, pada 20 September 2023, Tim KPK akan melakukan sosialisasi anti Korupsi bagi ASN di Kabupaten Pelalawan. "Di mana para ASN di lingkup Pelalawan ini akan di edukasi terkait pencegahan tindak pidana korupsi," kata Ira Anggraini.

"Pukul 12.00 - 13.00 WIB mereka istirahat dan pada pukul 13.00 - 15.00 WIB mereka melanjutkan perjalanan dari Pelalawan ke Kota dan Tim KPK akan dijemput oleh Pemkot Pekanbaru juga dikawal oleh Ditlantas Provinsi Riau," tambahnya.

Pihaknya menyampaikan, bahwa pada 21 September akan dilakukan perawatan bus. Keesokan harinya akan dilakukan koordinasi teknis dan persiapan Roadshow Bus KPK di Kantor Gubernur, Talkshow RRI oleh Kasatgas Soskam KPK lalu dokumentasi Kota Pekanbaru dengan Bus KPK. Begitupun pada 23 September akan dilakukan briefing dan segala persiapannya.

"Pada 24 September di Hari Minggu pada saat Car Free Day kita akan lakukan senam sehat, senam Hajar Serangan Fajar, quiz dan berbagai kegiatan lainnya. Pembukaan acaranya akan kita lakukan pada 25 September 2023 berlokasi di Kantor Gubernur Riau pukul 09.00 - 10.00 WIB, dengan rangkaian kegitan seperti pameran pelayanan publik, pentas seni budaya dan penampilan lainnya," ujar Ira Anggraini

"Kemudian, pada hari itu juga akan dilakukan rangkaian kegiatan seperti sosialisasi antikorupsi dan sosialisasi WBS kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan kota. Lalu, ada sosialisasi kepada pelajar SMA kelas 1 hingga 3 di Lapangan Kantor Gubernur dan kuliah umum kepada 5 Universitas Provinsi Riau serta edukasi anti korupsi bagi tenaga pendidik, penampilan musik, kesenian dan budaya juga talkshow dengan TVRI," sebutnya.

Pada 26 September 2023 di Hari Senin itu, Tim KPK akan melakukan berbagai rangkaian kegiatan seperti sosialisasi anti korupsi kepada pelajar, sosialisasi PKS antara Deputi Korsup dan Kejaksaan Agung RI, diskusi buku kumpulan tulisan KUMHAM muda antikorupsi, Bimtek Monev implementasi PAK melalui platform Jaga.Id dan diskusi terkait pengelolaan dana PIP.

"Sedangkan untuk di hari Selasa 27 September 2023 itu, kita akan melakukan Workshop Parenting di Lapangan Kantor Gubernur, diskusi sektor pendidikan bersama walimurid, hiburan dan penampilan lokal, perlombaan atau game bagi pelajar. Lalu, ada Digital Community Gathering mengundang masyarakat umum, influencer, youtuber dan sebagainya. Puncak kegiatannya akan kita laksanakan pada malam hari dengan Performance band," paparnya.

Dengan banyaknya rangkaian kegiatan pada Roadshow Bus KPK 2023 di Provinsi Riau ini, pihaknya berharap seluruh masyarakat Riau tahu ada Roadshow Bus KPK dan masyarakat turut memeriahkan acara ini.

"Kami juga bisa mensosialisasikan kepada mereka terkait kampanye anti korupsi dengan jargonnya Hajar Serangan Fajar. Jadi, tidak ada serangan fajar untuk kampanye pada 2024 mendatang," harap Ira Anggraini.

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

Selasa, 16 April 2024 | 09:26:51 WIB

Riau Terpantau Nihil Karhutla saat Libur Lebaran

Sabtu, 13 April 2024 | 13:18:34 WIB