Selasa, 8 Syawwal 1445 H | 16 April 2024

PEKANBARU - Wakil Ketua Fraksi Gabungan Nasdem-Hanura, Muhammad Adil sangat kaget kalau keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki Pemerintah Provnsi Riau ada yang tidak sehat, bahkan ada yang sudah "kolep" dengan menghabikan anggran ratusan miliar rupiah.

Untuk itu pihaknya berjanji akan melakukan perbaikan nantinya dan melakukan pengawasan, sehigga tidak ada lagi yang keberadaannya bergantung pada uang rakyat melainkan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami tidak tahu persis mengenai keberadaan BUMD yang ada sekarang.  Kalau memang kondisinya demikian, akan jadi tugas kita bagaimana bisa baik nantinya.  Akan kita kejar apa yang jadi masalah," jelasnya pada wartawan saat dikonfirmasi setelah diberikan gambaran singkat akan keberadaan BUMD yang ada.

Menurutnya, salah satu kunci dalam mengembangkan BUMD itu harus dipgang oleh orang yang ahlinya.  Ada program kerja yang jelas yang disertai target-target waktu pengembangan.  "Boleh awalnya dibantu APBD, tapi harus jelas sampai kapan.  Setelah itu tidak membebani lagi," terangnya.

Kemudian dikatakan juga oleh Politisi Dapil Meranti ini, dalam perjalanannya harus ada evaluasi kinerja per semester.  Sehingga apa permasalahan yang terjadi cepat bisa diatasi.  "Audit harus perlu dilakukan, sehingga jelas dana yang digulirkan", tambahnya.

Sebagaimana yang dimaklumi, BUMD Riau ada Tujuh.  Rata-rata sudah memberikan Deviden kecuali PT RA (Riau Air). Tujuh BUMD itu adalah PT Riau Airlines (PT RA), PT Permodalan Investasi Riau (PIR), Bank Riau Kepri, PT Bumi Siak Pusako, PT Sarana pembangunan Riau, PT Permodalan Ekonomi Rakyat, PT Pengembangan Investasi Riau serta PT Sarana Penjaminan Riau. (MC Riau/ch)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )