Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
Gelar Evaluasi Implementasi Sakip Riau 2023, Ini Pemaparan Wagubri Edy Natar

PEKANBARU - Pemerintah Provnsi (Pemprov) Riau menggelar kegiatan evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Riau 2023. Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution memaparkan berbagai kinerja yang telah dilakukan.

Dikatakan Wagubri Edy Natar, adapun bukti kinerja yaitu pemanfaatan aplikasi Siapadia secara berkala. Tindak lanjut yang telah dilakukan seperti melakukan perbaikan aplikasi Siapadia.

"Hal ini untuk meningkatkan pemanfaatan aplikasi secara berkala melalui monev mencapai kinerja per triwulan sesuai dengan tujuan untuk memudahkan pengumpulan data, capaian kinerja, sehingga dapat dilakukan monitoring dan evaluasi capaian kinerja perangkat daerah,” kata Wagubri Edy di Pekanbaru, Kamis (14/09/2023).

Dijelaskan, rekomendasi terkait laporan kinerja ini yaitu meningkatkan kualitas pelaporan kinerja dan melakukan review terhadap laporan kinerja perangkat daerah. Adapun tidak lanjut yang sudah dilakukan terkait rekomendasi ini yaitu meningkatkan kualitas kinerja melalui asistensi penyusunan laporan kinerja perangkat daerah dan melakukan review terhadap laporan kinerja perangkat daerah.

“Selanjutnya kita lihat, ada evaluasi akuntabilitas kinerja internal. Adapun rekomendasi terkait hal ini meningkatkan kualitas evaluasi internal, tindak lanjut yang telah kami lakukan yaitu melakukan evaluasi Sakip terhadap perangkat daerah serta pendampingan dan pemantauan,” jelasnya.

Wagubri ungkapkan, arah kebijakan pembangunan tahunan provinsi Riau pada tahun 2023 sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2024 dan sekaligus menjadi tema pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) provinsi Riau tahun 2023 adalah memantapkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik, dan berdaya saing daerah yang kompetitif.

Menurutnya, prioritas utama dalam pembangunan yaitu terkait penanggulangan kemiskinan. Salah satu prioritas utama dalam pembangunan provinsi Riau yaitu terkait penanggulangan kemiskinan, dalam hal ini masih terdapat ketimpangan antara sarana dan prasarana sosial dengan jumlah penyandang masalah sosial.

"Untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan ini pemerintah provinsi Riau melakukan fokus pembangunan pada intervensi penanganan kemiskinan ekstrem, penyediaan pendidikan gratis bagi masyarakat, akses pelayanan kesehatan, menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, bantuan permodalan serta melakukan optimalisasi dana desa,” ungkapnya.

Dikatakan dia, penanggulangan kemiskinan dapat dilihat dari sasaran strategis daerah yang terdapat pada misi dari RPJMD di provinsi Riau tahun 2019-2024 yaitu pada sasaran meningkatnya kemandirian ekonomi dan menurunnya kesenjangan pendapatan.

Ia menambahkan, sasaran menurunnya angka kemiskinan pada sasaran meningkatnya kemandirian ekonomi. Begitu juga dengan melakukan pembahasan isu strategis lintas sektor perangkat daerah dalam penyusunan RKPD provinsi Riau tahun 2024.

"Berkaitan dengan masalah ini semua yang pertama telah dilakukan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk bersama-sama menanggulangi kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem, percepatan penurunan stunting, intervensi pembangunan untuk meningkatkan jumlah desa mandiri,” paparnya.

Dirinya menuturkan, Pemprov Riau memiliki berbagai isu strategis dalam pembangunan daerah yaitu kebangkitan ekonomi Riau melalui hilirsasi industri. Hal ini ditopang dari sektor perkebunan yang merupakan salah satu sektor unggulan Provinsi Riau dan telah menjadi tulang punggung perekonomian Riau.

“Potensi perkebunan di provinsi Riau yang terdiri dari 5 komoditi utama yaitu kelapa sawit, kelapa, karet, sagu dan hutan tanaman industri. Kemudian yang kedua peningkatan kualitas sumber daya manusia tingkat pendidikan dapat mengindikasikan kualitas dan produktivitas tenaga kerja,” tuturnya.

Dengan demikian, Wagub Edy Natar berharap kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk dapat mengikuti evaluasi ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga dapat menindak lanjuti seluruh kekurangan untuk perbaikan Riau ke depan.

“Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa memberikan gambaran terhadap apa yang akan kita laksanakan secara keseluruhan," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )