Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Keren! MAN 1 Kuansing Raih Peringkat Satu Perpustakaan Terbaik Nasional

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menerima kunjungan dari rombongan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singingi. Kehadiran pihak MAN 1 Kuansing untuk menyampaikan capaian prestasi juara satu nasional klaster regional Sumatera dalam kategori perpustakaan terbaik pada tingkat SMA/SMK/MA se derajat.

Dikatakan Kepala Sekolah MAN 1 Kuansing, H Suhelmon, dalam klaster satu regional Sumatera Provinsi Riau bersaing dengan Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu. Ia menambahkan, penilaian tersebut berlangsung pada 12-15 Sepetember yang lalu di Jakarta.

“Alhamdulillah, kehadiran kami ke sini disambut baik oleh bapak Gubernur Syamsuar. Kami datang bertemu bapak Gubernur tentu saja melaporkan bahwa MAN 1 Kuansing telah berhasil meraih juara satu nasional pada kategori Perpustakaan terbaik untuk SMK/SMA/MA sederajat,” katanya di Kediaman Gubernur Riau, Jumat (22/09/2023).

Sulemon menjelaskan, perpustakaan yang bernama  Buya Ma’rifat Mardjani tersebut berhasil meraih juara 1 karena dinilai dari segi layanan perpustakaan. Tak hanya itu saja, juga terdapat penilaian seperti adanya berbagai inovasi, digitalisasi, serta banyaknya jumlah referensi yang terdapat di perpustakaan.

"Untuk penilaian ini terkait dengan layanan perpustakaan, digitalisasi, kemudian inovasi, dan terkait dengan jumlah referensi serta banyaknya minat baca anak-anak kita,” jelasnya.

Dengan adanya apresiasi dari Gubri Syamsuar dan Pemprov Riau, ia berharap perpustakaan tersebut ke depannya akan lebih mendorong kemajuan minat baca. Ia berkomitmen, MAN 1 Kuansing juga akan mendesiminasikan ini kepada sekolah-sekolah di Provinsi Riau dan tingkat nasional.

“Ke depannya kita berharap terus berikhtiar karena kita ini menjadi rujukan nasional. Kita akan lebih upgrade dan lebih update lagi. Kita juga terus berikan layanan informasi lain untuk kita desiminasikan kepada sahabat-sahabat sekolah dan madrasah di provinsi Riau maupun tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Syamsuar menuturkan atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan selamat telah memperoleh juara terbaik nasional untuk wilayah Sumatera. Ia ingin ke depannya perpustakaan MAN 1 Kuansing itu bisa menjadi contoh untuk sekolah lain.

“Karena itu saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas usaha dari kepala sekolah bersama guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kuansing. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan bisa jadi contoh untuk madrasah dan sekolah yang ada di Riau,” tutunya.

Diungkapkan, bahwa perpustakaan ini sangat penting. Oleh karena itu, bisa juga menajdi peningkatan minat baca anak-anak sekaligus memberikan minat baca kepada guru. Sebab, juga ada kaitannya dengan peningkatan kualitas dari masing-masing sekolah.

“Sehingga rujukannya nggak perlu lagi harus ke daerah lain. Mereka cukup datang ke Taluk Kuantan dengan mengikuti jejak keberhasilan dari madrasah ini.” pungkasnya.

(bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB