Selasa, 15 Syawwal 1445 H | 23 April 2024
LPM RI Gelar Rakernas, Gubernur Riau: Semoga Mewujudkan Kemandirian Desa dan Kelurahan
Gubernur Riau Syamsuar (batik biru) bersama Kepala BSKSDN Kemendagri Yusharto pada acara Rakernas LPM RI di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (22/9/2023) malam

PEKANBARU - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Republik Indonesia (LPM RI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (22/9/2023) malam. Rakernas ini sekaligus memperingati HUT ke-23 LPM RI, berlangsung 22-24 September 2023.

Acara ini diikuti oleh pengurus LPM dari 34 provinsi se Indonesia. Alasan Pekanbaru dipilih sebagai pusat pelaksanaan Rakernas, lantaran kota tersebut terpilih sebagai LPM teraktif se Indonesia pada 2022 lalu. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo. 

Dalam sambutannya, Yusharto menyampaikan apresiasi kepada LPM RI yang telah membangun komitmen bersama Kemendagri dalam memberdayakan masyarakat desa. Dikatakan, LPM memiliki peran yang strategis dalam mewujudkan desa yang kuat dan mampu mendorong penduduk desa munuju Indonesia emas 2045.

"Peran tersebut di antaranya untuk meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan pemerintahan ditingkat desa, dan ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa," jelasnya.

Dijelaskan dia, dalam pembangunan desa diharapkan ada sinergi yang baik antara pemerinta desa dan LPM, sehingga rencana pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar dalam upaya memberika pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. 

Disebutkan, penguatan peran LPM akan mengoptimalkan prinsip akuntabilitas, transparansi, responsifitas, dan partisipasi masyarakat dalam setiap penyelenggaraan roda pemerintahan desa dalam mewujudkan desa mandiri, maju, dan sejahtera.

"Pemerintah desa akuntabel  berarti mampu mengemban amanat, mandat, dan kepercayaan yang diberikan oleh warga dengan penuh tanggungjawab. Transparan, berarti dalam mengelola kebijakan, keuangan, dan pelayanan publik terbuka akses bagi semua piha yang berkepentingan terhadap setiap informasi yang berkaitan dengan kebijakan, keuangan, dan pelayanan," terangnya.

Sementara, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyambut baik kedatangan tamu dari berbagai daerah itu. Lalu, Gubri berterima kasih atas amanah yang diberikan kepada Provinsi Riau khsusnya Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah Rakernas tersebut.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Riau, tentunya kami mengucapkan selamat datang dan sampaikan terima kasih atas kepercayaan ini. Mudah-mudahan bapak dan ibu bisa menikmati apa yang ada di Kota Pekanbaru, terutama makanan khas kota Pekanbaru dan oleh-olehnya," ujar Syamsuar. 

Gubri berharap momentum tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencapai ide-ide terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus, sebutnya, sebagai upaya dalam meningkatkan kemandirian desa dan kelurahan.

"Luar biasa rasanya pada hari ini, tentunya untuk mendiskusikan banyak hal terkait pemberdayaan masyarakat, semoga apa yang kita selenggarakan ini mendapat ridho Allah SWT dan menjadi komitmen kita bersama dalam percepatan dan kemandirian ekonomi. Sekaligus kemandirian desa dan kelurahan daerah kita masing masing," tutupnya.

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

BPS Umumkan Rilis Ekspor Riau Periode Maret 2024

Senin, 22 April 2024 | 17:24:13 WIB

Tim Komisi II DPR RI Kunker di Riau

Senin, 22 April 2024 | 15:50:01 WIB

ARA Kuatkan Eksistensi Pendidikan di Riau

Ahad, 21 April 2024 | 15:24:15 WIB