Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Keterbukaan dan Transparansi Untuk Pemenuhan Hak Anak
Berbincang, bertemu dan mengenal melalui Gala Dinner yang diselenggarakan oleh Forum Anak Riau di Gedung Balai Pauh Janggi, Pekanbaru, pada Jumat (22/9/2023) malam.

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar yang diwakili oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan menyatakan bahwa keterbukaan dan transparansi perlu dikedepankan dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Hal tersebut disampaikannya pada saat dialog #BERBUAL (Berbincang, Bertemu dan Mengenal) melalui Gala Dinner yang diselenggarakan oleh Forum Anak Riau di Gedung Balai Pauh Janggi, Pekanbaru, Riau, pada Jumat (22/9/2023) malam. 

"Transparansi juga perlu kita kedepankan dalam setiap pengambilan kebijakan dan keputusan baik yang terkait langsung dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak maupun tidak," ujar Yurnalis saat membacakan sambutan Gubri Syamsuar.

Dikatakan dia, Gubernur Riau percaya bahwa partisipasi anak-anak dalam proses pengambilan keputusan adalah hal esensial untuk membangun masyarakat yang lebih adil, inklusif dan berkelanjutan.

"Sebab, hak-hak anak untuk memiliki suara dalam semua hal yang memengaruhi tumbuh kembang mereka harus dihormati dan dipromosikan. Dalam beberapa kesempatan seperti Musrenbang Riau, forum anak turut diikutkan. Aspirasi dari forum anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar masyarakat Indonesia dan Riau tentunya," ucap Yurnalis.

Untuk itu, ia berpesan kepada semua pihak terkait untuk dapat mendengarkan dengan teiliti setiap suara, pandangan dan harapan anak. "Sebab anak adalah sumber inspirasi yang tak ternilai dan kita sebagai orang dewasa perlu memahami apa yang disampaikan mereka secara seksama," pesannya.

Mewakili Pemerintah Provinsi Riau, pihaknya akan berusaha untuk memberikan akses kepada Forum Anak untuk mendapatkan informasi yang ananda butuhkan. 

"Karena Ayah percaya, sebagai perpanjang- tanganan anak-anak dinegeri ini, tugas ananda sebagai agent of change melalui 2P [Pelopor dan Pelapor], sangat membutuhkan hal-hal tersebut. Selain pendidikan dan pelatihan, serta kolaborasi dan kemitraan tentunya," sebut Yurnalis.

Ia yakin dan percaya, bahwa kolaborasi yang didasari semangat ketulusan dan gotong royong dapat membantu membentuk masa depan yang lebih baik lagi untuk semua pihak.

"Mari kita bekerja bersama, mendengarkan satu sama lain dan bersatu untuk mencapai tujuan-tujuan kita yang mulia. Semoga kegiatan ini nantinya menjadi langkah media dalam perjalanan menuju perubahan positif yang lebih baik, yaitu mewujudkan Provinsi Riau sebagai barometer Provinsi Layak Anak (PROVILA) di Indonesia," tandasnya.

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

3.147 Jemaah Riau Sudah Berada di Kota Madinah

Selasa, 21 Mei 2024 | 08:05:13 WIB

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB