Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
LPM RI Gelar Rakernas di Pekanbaru, Pj Wali Kota Muflihun Bilang Begini
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun.

Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Republik Indonesia (LPM RI). Bertempat di Hotel Grand Central, Pekanbaru Jumat (22/9/2023) malam.

Pekanbaru dipilih sebagai pusat dilaksanakannya Rakernas itu dikarenakan Kota Pekanbaru terpilih sebagai LPM teraktif se-Indonesia pada 2022 lalu.

Rakernas ini diadakan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 LPM RI. Kegiatannya dan diikuti oleh pengurus LPM dari 34 provinsi. Digelar selama tiga hari, mulai dari 22 hingga 24 September 2023.

Muflihun sampaikan, sebuah kehormatan bagi pihaknya degan dipilihnya Kota Pekanbaru sebagai pusat terlaksananya Rakernas tersebut. Kemudian dikatakan, Pemerintahan kota (Pemko) Pekanbaru sangat mendukung penyelenggaraan acara tersebut. 

"Kami sangat berterima kasih tentunya atas dipilihnya Kota Pekanbaru sebagai tempat terselenggaranya Rakernas LPM RI. Kami sampaikan pula selamat ulang tahun ke-23 untuk LPM RI, semoga selalu luar biasa dan selalu bersinergi dalam berbagai hal bersama Pemkot Pekanbaru dan terus maju bersinergi baik di kota, provinsi, maupun nasional," ucap pria yang akrab disapa Uun itu. 

Uun juga berharap, LPM Ri mampu berkontribusi menangani isu nasional yaitu stunting, kemiskinan ekstrem, sebagaimana arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). 

"Harapan lainnya LPM RI dan LPM Riau dapat menangani permasalah stunting dan kemiskinan ekstrem sesuai dengan arahan bapak presiden, semoga LPM bisa lebih maju," ujarnya.

Dijelaskan dia, Pemkot Pekanbaru telah meluncurkan program kesehatan baru yang disebut Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah, atau Universal Health Coverage (UHC). Program UHC ini, kata dia, akan memberikan warga Pekanbaru untuk mengakses layanan kesehatan secara gratis hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka, melalui segmen peserta Pemda ke BPJS Kesehatan.

Lebih lanjut disampaikan, adapun masyarakat yang bisa mendapatkan layanan jaminan kesehatan Pekanbaru Bertuah ini yang pertama adalah harus warga Pekanbaru yang punya NIK online. Bagi yang belum bisa mendatangi Disdukcapil untuk mengurusnya.

Disampaikan Uun, program tersebut adalah bukti nyata dalam mensuport dan mendukung sepenuhnya program pemerintah pusat. Pihaknya telah membuat buku panduan terkait layanan apa saja yang ditanggung oleh program UHC. Brosur ini akan diperbanyak dan akan disampaikan ke masyarakat melalui camat lurah RT/RW dan juga Puskesmas.

"Jadi ketika warga sakit, cukup membawa KTP untuk berobat dan akan dilayani secara geratis saat berobat di layanan kesehatan yang ada di Pekanbaru. Tentu harapan kedepan dengan dilaunching ini bisa menjadi motivasi dan semangat warga Pekanbaru untuk nantinya bersama berjalan dengan Pemko Pekanbaru," tandasnya.

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

IRT Diminta Berperan Aktif Cegah Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 | 14:29:30 WIB