Senin, 13 Zulqaidah 1445 H | 20 Mei 2024
Elmi Gurita Sosok Tokoh Inspiratif Peduli Anak, Ini Deretan Prestasinya
Tokoh Inspiratif Peduli Anak Elmi Gurita

PEKANBARU - Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 5 Kota Pekanbaru Hj Elmi Gurita MPd, kembali meraih penghargaan dari Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar. Kali ini, Elmi dinobatkan sebagai Tokoh Inspiratif Peduli Anak.

Penghargaan itu diberikan pada Puncak Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023, pada Sabtu (23/9/2023) di Taman Rekreasi Alam Mayang, Kota Pekanbaru.

Gubri H Syamsuar mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tokoh-tokoh inspiratif peduli anak yang telah menerima penghargaan itu. Dia mengharapkan, agar prestasi itu terus dipertahankan.

"Harapan kami tentu ini  (penghargaan-red) agar dapat dipertahankan. Sehingga mereka para tokoh ini akan semakin bagus dan peduli terhadap hak anak," harap Gubri Syamsuar.

Pada kesempatan itu, Gubri Syamsuar juga menyerahkan penghargaan untuk tokoh peduli anak lainnya. Termasuk bagi Forum Peduli Anak Berprestasi dan Satuan Pendidikan Ramah Anak dan Pelayanan Ramah Anak.

Sementara Elmi Gurita yang ditemui usai penyerahan penghargaan, tidak dapat menyembunyikan rasa harunya. Dia pun merasa bangga atas penghargaan itu.

"Artinya, saya sebagai pendidik yang selalu berhubungan dengan anak, sekarang ditunjuk sebagai yang punya aspirasi peduli terhadap anak. Terkait hal ini, memang telah kami terapkan di sekolah," jelasnya.

Menurut Elmi, pihaknya selalu menerapkan bagaimana peduli dan menghargai anak sesuai dengan kodratnya. Tentunya dengan memperlakukan anak sesuai bakat dan minat.

"Itulah yang kita harapkan, agar ini dilakukan di semua tempat. Tidak hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan anak," papar Elmi.

Terkait harapan Gubri Syamsuar agar para Tokoh Inspiratif Peduli Anak dapat mempertahankan prestasinya, Elmi mengakui jika hal ini akan dilakukan pihaknya. Terutama dengan melakukan kebiasaan akan kepedulian terhadap anak.

"Di sekolah-sekolah itu bagaimana kami itu saling menghargai, menyayangi. Yang kecil sama yang tua harus lebih hormat, itu yang kami jadi pembiasaan," ungkapnya.

Sehingga dengan demikian lanjut Elmi, tidak akan terjadi aksi kekerasan perundungan  atau bullying. Kemudian, anak-anak dapat berkompetisi secara sehat dalam meraih prestasi di sekolah.

"Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini, ke depannya kami akan lebih bersemangat lagi. Karena kami telah diberi amanah dan kepercayaan, tentu kami harus lebih banyak lagi berbuat untuk pemenuhan hak anak," tutupnya.

Untuk diketahui, penghargaan ini bukan pertama kalinya diberikan Gubri Syamsuar terhadap Elmi. Sebelumnya, Elmi juga meraih Juara I PNS Berprestasi Kategori Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021.

Beberapa penghargaan atau tanda jasa lainnya yang telah diraih Elmi di antaranya, Setya Lencana Pengabdian XX tahun dari Presiden RI Tahun 2019. Lalu, Tim Pengembang Kelas Kominfo Dumai Tahun 2020 dari Wali Kota Dumai, Tim Pengembang Kelas Kominfo Pelalawan Tahun 2020 dari Bupati Pelalawan.

Kemudian, penghargaan Kepala Sekolah Penggerak Komunikasi dan Informasi Generasi Muda Riau Tahun 2021 dari Dinas Kominfotik Provinsi Riau, Kepala Sekolah Pengerak Literasi Kepemudaan dan Olahraga Tahun 2021 dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau. 

Selanjutnya, Kepala Sekolah Pengerak Literasi Kepariwisataan 2021 dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Pemenang I Pemilihan Kepala sekolah Berprestasi & Berdedikasi Tingkat Kota Pekanbaru Tahun 2021 Ketua MKKS SMA Se-Kota Pekanbaru.

Lalu, Kepala Sekolah Penggiat Informasi Pendidikan Generasi Muda Riau 2021 dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kepala Sekolah Penggiat Literasi Generasi Muda Riau 2021 dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Riau, Juara I Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2021 dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Sejak menjabat  sebagai Kepsek SMAN 5 Kota Pekanbaru, banyak penghargaan dan prestasi yang diraih sekolah itu yakni, Juara 1 Lomba UKS Tingkat Provinsi Tahun 2021 dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Selain itu, Sekolah penggerak Litersi Kepemudaan dan Olah Raga 2021 dari Dinas Pemuda Dan Olah Raga Provinsi Riau, Sekolah Penggerak Literasi Kepariwisataan 2021 dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Lebih lanjut, SMAN 5 juga pernah meraih Juara Harapan II Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional 2021 dari Perpusnas RI, Juara I Sekolah Paling Kreatif Festival Pelajar Nusantara 2022 dari LPP RRI Pekanbaru. 

Kemudian, Sekolah Adiwiyata Mandiri 2022 dari Menteri LHK RI dan Mendikbudristek RI, Akreditasi Sekolah 2022 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah /Madrasah, Penyelenggara Kegiatan Gaya Hidup Gen Plus Party Kota Pekanbaru 2023 dari Badan POM Kota Pekanbaru.

Selain itu, Sekolah Penggerak Remaja Peduli Stunting Provinsi Riau Tahun 2023 dari BKKBN Riau, Penyelenggara Evant Inovatif Riau Edu Expo 2023 Konser Sekolah Penggerak Remaja Peduli Stunting dan Sekolah Penggerak Peduli Pangan Aman Tahun 2023 dari Diskominfo Provinsi Riau  dan penghargaan lainnya. (MEDIA CENTER RIAU / BTS)

(Mediacenter Riau/bts)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB