Kamis, 17 Syawwal 1445 H | 25 April 2024
Herbal Bawang Hitam Kube Pesona Beringin Pekanbaru Sudah Sampai Jawa dan Kalimantan

PEKANBARU - Puluhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ikut ambil bagian  dalam kegiatan Pesta Rakyat Simpedes BRI di lapangan aero sport Simpang Tiga Pekanbaru. 

Di antara UKM yang ikut bagian dalam Pesta Rakyat Simpedes tersebut bagian dari Kelompok Usaha Bersama (Kube) binaan BRI. Salah satunya Kube Pesona Beringin Pekanbaru. 

Aneka produk UKM kuliner, herbal dan kerajinan ditampilkan. Salah satunya obat herbal bawang hitam yang telah difermentasikan dari bawang putih.

"Kami dari Kube Pesona Beringin ada menampilkan produk kuliner, kerajinan ada juga herbal. Untuk herbal salah satunya adalah bawang hitam," kata Ketua Kube Pesona Beringin, Eva Riani, Sabtu (23/9/23). 

Tanaman termasuk jenis umbi-umbian ini  manfaatnya baik sekali untuk kesehatan. Seperti obat bagi penderita diebetes,  memperlancar darah, hipertensi, sekaligus berfungsi untuk menambah stamina.

"Intinya berfungsi untuk detox bagi tubuh manusia," ujar Eva Riani. 

Herbal bawang hitam menjadi alternatif pilihan selain mengkonsimsi obat-obatan yang bercampur dengan bahan kimia. Terbukti, produk herbal yang sudah mendapatkan cap dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru ini sudah sampai dipasarkan ke Jawa dan Kalimantan. 

Meski sudah menembus pasar luar Riau, namun menurut Eva produksi herbal masih terbatas melayani permintaan pasaran. Hingga saat ini Kube UKM-nya hanya mampu membuat herbal bawang hitam 100 kilogram (Kg) setiap bulannya. 

Namun, jika dibandingkan pada 2019, awal usahanya dimulai, produksi herbal bawang hitam hanya 2 kilogram perbulannya.  Eva mengaku berbagai kegiatan bazar, expo termasuk kegiatan Pesta Rakyat Simpedes BRI ini turut mempromosikan hasil UKM-nya. 

Bawang hitam yang sudah melalui fermentasi itu dikemas dalam varian botol.  Ke depan herbal bawang hitam itu bisa ekspansi ke luar negeri. Namun standarisasi dan mesin pengolahan menjadi kendala. Karena itu dia berharap pemerintah melalui instansi terkait bisa memberikan solusi agar usahanya bisa semakin berkembang. 

"Memamg sudah ada produk UKM herbal bawang hitam kami sudah sampai ke Maroko, Malaysia. Tapi cuma sebagai oleh-oleh," ungkap Eva. 

Selain bawang hitam, Kube Pesona Beringin juga menampilkan minyak bawang putih yang dikemas dalam varian botol. Bagi ibu rumah tangga yang ingin memasak tak perlu lagi mengupas bawang putih, tetapi bisa langsung memasukan minyak bawang putih sebagai bumbu dapur.(mtr)

(Mediacenter Riau/mtr)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pentingnya Pembinaan Atlet Sejak Usia Dini

Rabu, 24 April 2024 | 21:56:51 WIB