Selasa, 15 Syawwal 1445 H | 23 April 2024
Upacara Hantaru 2023 Digelar di Pekanbaru Riau

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) diwakili Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy menjadi pembina upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) ke -63. 

Upacara Hantaru atau HUT ke-63 UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA) ke-63 dilaksanakan di Halaman Kantor Badan Pertanahan Pekanbaru, Senin (24/9/2023).

Masrul mengucapkan selamat Hantaru ke-63, pihaknya berharap seluruh karyawan di lingkup Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) dapat menjalankan tugas pelayanan prima sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

"Tidak bosan saya mengingatkan kembali agar seluruh jajaran Kementerian ATR BPN memiliki gaya hidup sederhana, mulai dari diri sendiri dan keluarga. Semoga dengan momentum peringatan Hari Agraria ini dapat mewujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara tercinta," ucapnya. 

Ia menjelaskan, dalam menjalankan program-programnya, Kementrian ATR/BPN tidak dapat bergerak sendiri, perlu dibangun sinergi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh pihak terkait, sehingga dapat memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat.

Selain itu, kata dia, dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, Kementerian ATR/BPN juga berkomitmen untuk melakukan kerja spartan, serta membangun sinergi dan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak. 

"Saat ini Kementrian ATR/BPN telah berhasil mendaftarkan sebanyak 107,1 juta bidang tanah dari target 126 juta bidang tanah. Diharapkan pada tahun 2025, seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar," ucap Masrul. 

Diungkapkan dia, dalam menyukseskan program PTSL, Kementrian ATR/BPN juga telah mengajak para kepala daerah untuk membantu masyarakat dengan membebaskan BPHTB pada pendaftaran tanah pertama kali. Hingga saat ini, terdapat 118 kabupaten kota yang belum membebaskan BPHTB.

"Untuk kabupaten kota yang belum membebaskan BPHTB, saya mendorong pemerintah daerah setempat agar dapat segara dilakukan pembebasan BPHTB sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan untuk mendaftarkan tanahnya," pintanya.

Ia mengungkapkan, tentunya seluruh masyarakat patut berbangga dengan kehadiran Kementerian ATR/BPN. Karena menurutnya, Kementerian ATR/BPN ini dengan sigap setiap tahun memberikan sertifikat tanah untuk masyarakat.

Untuk itu, Pemprov Riau menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kanwil BPN bersama kantor pertanahan Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang telah melakukan tugasnya dengan baik.

"Kanwil BPN dan kantor pertanahan kabupaten/kota Riau telah banyak membantu Pemprov Riau, pemerintah kabupaten/kota termasuk juga instansi vertikal yang ada di Provinsi Riau dalam rangka  mendapatkan sertifikat asetnya. Terima kasih kepada Kanwil BPN maupun kantor pertanahan di Riau," tandas Masrul Kasmy.

Pada kegiatan upacara peringatan Hantaru tersebut juga dilakukan pelepasan Purna Bakti Kanwil Pertanahan periode 2022-2023 berupa penyematan pin berwarna emas. Kemudian, juga ada penyerahan piagam kepada 16 PNS dan penyerahan sertifikat. 

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

BPS Umumkan Rilis Ekspor Riau Periode Maret 2024

Senin, 22 April 2024 | 17:24:13 WIB

Tim Komisi II DPR RI Kunker di Riau

Senin, 22 April 2024 | 15:50:01 WIB

ARA Kuatkan Eksistensi Pendidikan di Riau

Ahad, 21 April 2024 | 15:24:15 WIB