Kamis, 17 Syawwal 1445 H | 25 April 2024
Pelajar Pekanbaru Berbondong-bondong Masuk Bus KPK, Ada Apa?

PEKANBARU - Sejumlah siswa Paud, SD, SMP, hingga SMA di Pekanbaru berbondong-bondong menyambangi bus milik KPK. Kedatangan Kendaraan itu ke kota bertuah itu, dalam rangka kegiatan Roadshow Bus KPK 2023.

Ketua Penyuluh Antikorupsi Provinsi Riau, Edward mengatakan, pihaknya ingin memberikan pengalaman bagi pelajar di Kota Pekanbaru untuk memahami edukasi tentang antikorupsi. Karena di dalam bus tersebut ada film yang mempunyai pesan-pesan tentang pendidikan antikorupsi.

“Di dalam bus roadshow itu terdapat juga pemutaran film dan laptop-laptop yang boleh digunakan untuk pelajar dan masyakarakat. Kemudian, ada juga dari tim kami yang memberikan edukasi terhadap antikorupsi, filmnya pun ada pesan tersendiri. Jadi kita bisa belajar bersama di dalam sana (bus),” katanya di Halman Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Selasa (26/09/2023).

Dijelaskan, pendidikan antikorupsi itu penting dan dapat dipahami sebagai usaha sadar yang ditanamkan kepada peserta didik berupa pengetahuan, nilai, serta keterampilan. Menurutnya , itu diperlukan supaya mereka dapat mencegah peluang berkembangnya korupsi. 

“Upaya yang kita lakukan ini tentu dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak terhadap antikorupsi. Selain itu, laptop yang dipergunakan mereka di dalam bus itu bisa mengetahui dan melihat berbagai macam informasi mulai harta kekayaan pejabat-pejabat hingga survei penilaian integritas,” jelasnya.

Dirinya ungkapkan dengan adanya Roadshow bus KPK di Riau ini, pemahaman masyarakat terhadap pemberantasan korupsi semoga semakin bertambah. Dengan begitu, harapannya dapat membangkitkan motivasi masyarakat Riau untuk berupaya menanamkan nilai integritas yang baik.

“Pertama kita bangga dan senang karena KPK bikin program yang menarik untuk anti korupsi. Kemudian, kegiatan kita dapat membangkitkan motivasi masyarakat Riau untuk berupaya menanamkan nilai integritas yang baik,” ungkapnya.

Sehingga, kata dia, ke depannya tidak ada lagi korupsi dan semua masyarakat peduli bagaimana bersama-sama dengan KPK kita memberantas korupsi. "Kita harapkan juga masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan yang ada.” harapnya.

Sementara itu, Pelajar kelas X asal SMAN 11 Pekanbaru, Daffa Mahendra menuturkan bahwa dirinya beserta teman-temannya senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan roadshow bus KPK. Baginya, ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

“Senang sekali. Tadi kita diberikan pembelajaran dengan cara penyampaian yang asik, dan disini kita dapat pemahaman lebih tentang dampak dari korupsi,” ucapnya singkat. 

(bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pentingnya Pembinaan Atlet Sejak Usia Dini

Rabu, 24 April 2024 | 21:56:51 WIB