Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Komit Tanggulangi Stunting, Pravalensi Stunting di Kampar dari 25,7 % menjadi 14'5%.

Pekanbaru - Di Provinsi Riau ada 4 Kabupaten yakni Kampar, Pelalawan, Siak dan Kepulauan Meranti yang mendapatkan pendampingan teknis dan advokasi untuk percepatan penurunan stunting dari PT. RAPP, Tanoto Foundation dan Yayasan Cipta dalam penyusunan dokumen Strategi Komunikasi Perubahan Prilaku (SKPP) serta melatih tim teknis dalam melaksanakan 8 aksi konvergensi.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Kampar diwakili Pj Sekda Kampar  Ramlah, didampingi Kepala Dinas PPKBP3A Edi Aprizal menghadiri Kegiatan Project Exposure dalam Penguatan Komitmen dan Strategi Keberlanjutan Program Kemitraan Pendampingan Teknis dan Advokasi untuk Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (3/10/2023).

"Dalam pendampingan teknis dan advokasi untuk percepatan penurunan stunting yang mana dengan dilakukannya program pendampingan ini kondisi pravalensi stunting yang awalnya sebesar 25,7 % berkurang 11,2 % dan akhirnya menjadi 14'5%,"Ungkap Pj Sekda Kampar.

Ditambahkanya melalui pendampingan tersebuh sudah tersusunnya draft dokumen SKPP dan draft dokumen Perbup terkait SKPP, sudah adanya tenaga terlatih untuk memfasilitasi pendampingan bagi pelaksanaan 8 Aksi konvergensi dan SKPP dan sudah ada upaya peningkatan kapasitas bagi SDM pelaksana SKPP dan konvergensi melalui lokalatih oleh tenaga terlatih dari Provinsi dan Kabupaten.

Selain itu, dengan adanya pendampingan Strategi komunikasi ini telah mampu meningkatkan keterampilan, partisipasi dan kerjasama semua OPD dan TPPS dalam aksi konvergensi dan jiga implementasi komunikasi perubahan prilaku untuk dan percepatan penurunan stunting.

Sementara itu, Wakil Gubri Riau  H. Edi Natar Nasution, S.IP menyampaikan berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 adalah sebesar 17 % lebih baik dibandingkan tahun 2021 sebesar 22,3%.

Berdasarkan pelaporan aksi konvergensi per 31 Desember 2022 dan hasil pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2022 dan hasil pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2022 telah dilaporkan bahwa saat ini kita memiliki 16.422 ibu hamil, 11.014 balita yang terindikasi stunting dan sebanyak 389.030 keluarga beresiko stunting. Dengan data tersebut maka intervensi kepada balita, ibu hamil dan keluarga beresiko stunting menjadi prioritas dalam mencegah lahirnya balita stunting baru.Hal ini harus manejadi perhatuan kita semua bai di Provinsi maupun di seluruh Kabupaten/Kota agar merapatkan barisan dan menyusun strategi yang tepat supaya target " Zero Stunting Baru" di Provinsi Riau dapat terwujud.

Selanjutnya berdasarkan laporan TPPS Kabupaten/Kota pada semester I tahun 2023 ada beberapa indikator yang masih memerlukan perhatian kita diantanya konsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri, pemberian ASI eksklusif pada bayi di bawah 6 bulan, Imunisasi dasar lengkap pada anak di bawah 12 bulan, pelayanan KB Pasca persalinan dan pendampingan Keluarga beresiko stunting.

Selanjutnya Wagubri Edy Natar Nasution saat membuka acara menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada PT. RAPP, Tanoto Foundation dan Yayasan Cipta yang telah mendampingi 4 Kabupaten yakni Kampar, Siak, Pelalawan dan Kepulauan Meranti dalam penyusunan dokumen Strategi Komunikasi Perubahan Prilaku (SKPP) serta melatih tim teknis 8 aksi konvergensi dan SKPP tingkat Provinsi Riau untuk nantinya menjadi pembelajaran dan bekal kedepan untuk dilanjutkan oleh Pemerintaha Provinsi Riau.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Pakar bidang gizi, pertumbuhan dan perkembangan anak, Prof. dr. Fasli Jalal, Sp. Gk.Ph.Dirut PT . RAPP Mulia Nauli, Provincial Lead Tanoto Foundation Dedi Triadi, seluruh TPPS Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota dan Satgas Stunting Kabupaten/Kota, yang menjadi narasumber yakni perwakilan dari BKKBN Pusat Drs. Eli Kusnaeli, M.MPd, Direktorat Promosi Kesehatan Ira Oktaviana Madjid, SKM.MKM dan Ditjen Bina Bangda Kemendagri Arifin Efendi Hutagalung, SE.MM. dan sebagai moderator Direktur Eksekututif Yayasan Cipta Dini Haryati.

 

 

 

(Mediacenter Riau/msa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB