Sabtu, 22 Sya'ban 1445 H | 02 Maret 2024
Catat! Naff Band dan Salma Salsabila Hadir di Helat HUT ke-24 Pelalawan 2023
Foto: Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani.

Pekanbaru - Helat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Pelalawan jatuh pada tanggal 12 Oktober 2023. HUT kabupaten yang dipimpin Zukri Misran dan Nasarudin sebagai bupati dan wakil bupati itu, mengusung tema "Terus Melaju untuk Pelalawan yang Menawan".

Kabupaten Pelalawan dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 53 Tahun 1999. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Kampar. 

Kabupaten yang dikenal memiliki lokawisata ombak bono itu diresmikan oleh Mendagri pada tanggal 12 Oktober 1999 silam. Di mana Pangkalan Kerinci dipilih sebagai Ibu Kota Kabupaten Pelalawan.

Helat Pelalawan akan digelar selama 7 hari, mulai tanggal 6 hingga 12 Oktober 2023. Lokasinya di depan kantor bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani mengatakan Pemkab Pelalawan telah menyediakan 100 stan ukuran 3x3 meter untuk pelaku UMKM. 

"Tenda pameran untuk pelaku UMKM disiapkan gratis. Saat ini sudah 120 pelaku UMKM yang telah mendaftar," kata Ketua panitia pelaksana Helat HUT Pelalawan 2023, Budi Surlani, ketika dihubungi, Rabu (4/10/2023). 

Selain meyediakan tenda untuk pelaku UMKM, Pemkab Pelalawan juga telah menyediakan tenda pameran untuk organisasi perangkat daerah (OPD), pelaku bisnis, dan perusahaan. Namun, berbayar. 

"Untuk pelaku usaha, perusahaan-perusahaan, dan OPD telah disiapkan 40 unit tenda. Tapi ini berbayar, tidak gratis. Ukuran tendanya 5x5 meter," ujar Budi Surlani. 

Selain menampilkan pemeran pembangunan, Helat HUT ke-24 Pelalawan juga akan menyajikan pertunjukan seni dan budaya. Acara akan dibuka oleh Bupati Pelalawan H Zukri pada tanggal 6 Oktober 2023 malam. 

Pada malam pembukaan akan ada atraksi seni budaya tari persembahan, sastra lisan Bebalam, dan kesenian tradisional khas Pelalawan. Lalu, pada hari kedua akan ada artis yang didatangkan dari DKI Jakarta, yaitu Naff Band. Mereka bakal konser pada 7 Oktober 2023 malam. 

Kemudian, pada tanggal 8 Oktober akan ditampilkan pagelaran seni daerah dari 12 kecamatan di Pelalawan. Seni pertunjukan yang disajikan mengangkat kearifan lokal daerah setempat. 

"Jadi di Kabupaten Pelalawan ada 12 kecamatan. Mereka akan ikut berpartisipasi menggelar seni pertunjukan daerah," tuturnya. 

Selanjutnya, pada tanggal 9 Oktober 2023 akan ada Tabligh Akbar. Lalu, pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2023 akan kembali mementaskan atraksi seni budaya melayu. Berbagai tarian dan permainan rakyat lokal bakal ditampilkan dari 12 kecamatan. 

"Nanti ada permainan rakyat, masyarakat bisa ikut serta. Satu di antaranya permainan gasing yang digarap oleh anak-anak muda. Terakhir pada tanggal 12 Oktober 2023 acara penutupan. Kami mengundang artinya Salma Salsabilla, juara Indonesian Idol 2023," Budi menjelaskan. 

Ia mengungkapkan, bahwa pada HUT Pelalawan tahun 2022 lalu, hanya digelar lima hari. Ketika itu, para pelaku UMKM yang berpartisipasi mengaku banyak melakukan transaksi sehingga meraup omset besar. 

"Jadi pada tahun ini, para pelaku UMKM minta agar pelaksanaan acara ini digelar tujuh hari. Hal ini lantaran pada pelaksanaan event tahun lalu mereka senang bisa melakukan transaksi besar," ujarnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada tahun ini Helat HUT Pelalawan diselenggarakan berbeda jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, mengundang sejumlah pelaku UMKM unggulan dari level Provinsi Riau dan dari 12 kabupaten dan kota di Riau.  

"Produk unggulan dari pelaku UMKM bakal dipamerkan di 15 tenda yang telah disiapkan oleh pihak panitia. Tujuannya adalah untuk merangsang para pelaku UMKM di Pelalawan agar bisa melihat produk unggulan di daerah lain," ucapnya. 

Kemudian, kata Budi, pihaknya juga telah menyiapkan stan dalam satu kluster, khusus untuk pelayanan publik. Stan ini untuk kantor atau OPD. Baik itu di lingkup pemda dan instansi vertikal seperti kantor imigrasi, kantor pelayanan pajak, BPN, Samsat, dan Kemenag untuk memberikan pelayanan publik. 

"Jadi sesuai instruksi pimpinan [Bupati Pelalawan], pelayanan publik ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kalau pelayanan dari Pemda Pelalawan akan memberikan pelayanan administrasi KTP, KK, hingga izin berusaha dan investasi," ujar Budi. 

Rangkaian kegiatan acara helat Pelalawan ini nantinya juga akan di isi dengan penampilan parade nusantara. Bakal menampilkan 44 paguyuban yang ada di Kabupaten Pelalawan. Melibatkan lebih kurang 3.000 peserta yang menggunakan pakaian nusantara, mulai dari pelajar SD, SMP dan SMA se-kabupaten Pelalawan. 

(Mediacenter Riau/MC Riau)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB