Selasa, 15 Syawwal 1445 H | 23 April 2024
Kick Off Meeting Peningkatan Fasilitas Ferry Roro Dumai - Pulau Rupat Hibah MCC Kembali Digelar

PEKANBARU - Kepala Bappeda Litbang Riau Emri Juli Harnis menyampaikan bahwa pelaksanaan kick off meeting sebagai langkah awal untuk menyamakan pemahaman dan langkah tindak lanjut bagi semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan Proyek Peningkatan Fasilitas Ferry Roro Dumai - Pulau Rupat kembali digelar, Senin (9/10/23). 

Emri Juli Harnis menjelaskan jika proyek tersebut merupakan Proyek infrastruktur percontohan Good Practice Infrastructure Projects (GPIP) Program Hibah Compact-2 Millenium Challenge Corporation (MCC). 

Hal tersebut berawal dari adanya komitmen Pemerintah untuk memerangi Kemiskinan melalui Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Provinsi Riau dalam upaya pengembangan transportasi dan logistik/ATLAS. 

"Perencanaan pelaksanaan Program Hibah Compact-2 MCC telah melalui proses pembahasan yang cukup panjang, diawali dengan pertemuan pada bulan Agustus 2021," ujarnya. 

Kepala Bappeda Litbang Riau itu mengatakan kemudian dilanjutkan dengan rapat-rapat pembahasan dan Focus Discussion Group (FGD) bersama dengan Compact Development Team (CDT) - Kementerian PPN/Bappenas.

Proses tersebut telah sampai pada penyusunan Feasibility Study (FS) sebagai persyaratan apakah proyek tersebut telah layak secara teknis, ekonomis maupun finansial, serta tidak memiliki risiko ataupun dampak negatif sosial dan lingkungan yang besar. 

Sebutnya, penyusunan Feasibility Study (FS) proyek Peningkatan Fasilitas Ferry Roro Dumai - Pulau Rupat dilakukan oleh Tim Konsultan PT. Pricewaterhouse Cooper (PwC) yang ditunjuk Millennium Challenge Account – Indonesia II (MCA-I II). 

Pada penyusunan FS akan dilakukan kajian beberapa opsi ruang lingkup Peningkatan Fasilitas Ferry Roro Dumai - Pulau Rupat seperti pembangunan dermaga Dumai dan Tanjung Kapal Rupat, pengembangan manajemen dan penataan kawasan pelabuhan, dan pembangunan jalan lingkar di Pulau Rupat.

Penyusunan FS Proyek Peningkatan Fasilitas Ferry Roro Dumai - Pulau Rupat diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sehingga diharapkan oleh Emri Juli Harnis proyek ini dapat terlaksana dengan pertimbangan bahwa : 

- Roro Dumai - Pulau Rupat merupakan akses penghubung antara Dumai dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pulau Rupat. 

Selain itu, keberadaan dermaga RoRo Dumai juga sedang dipersiapkan untuk menghubungkan RoRo Dumai – Melaka yang merupakan bagian kerjasama regional Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

- Pulau Rupat berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Malaysia sehingga perlu percepatan pembangunan aksesibilitas secara terfokus;

- Pembangunan Dermaga Penyeberangan Dumai - Pulau Rupat merupakan solusi untuk peningkatan pergerakan barang dan jasa dari dan menuju Pulau Rupat. 

Dermaga tersebut merupakan infrastruktur penunjang yang sangat strategis untuk membuka potensi ekonomi, khususnya sektor perikanan dan pariwisata di Pulau Rupat. Disamping untuk membuka potensi ekonomi daerah, dermaga ini juga meningkatkan konektivitas (akses utama) daerah pesisir yang menghubungkan antara Kota Dumai dan Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis. 

"Mengingat pentingnya proyek ini, Gubernur berharap para pihak dapat memberikan dukungan penuh, agar program hibah MCC ini dapat terealisasi," tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

BPS Umumkan Rilis Ekspor Riau Periode Maret 2024

Senin, 22 April 2024 | 17:24:13 WIB

Tim Komisi II DPR RI Kunker di Riau

Senin, 22 April 2024 | 15:50:01 WIB

ARA Kuatkan Eksistensi Pendidikan di Riau

Ahad, 21 April 2024 | 15:24:15 WIB