Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
Humas Polda Riau Kolaborasi dengan Pegiat Medsos untuk Cegah Berita Hoax

PEKANBARU - Dalam rangka menghadapi Pemilu 2024, Humas Polda Riau telah mengambil langkah proaktif dengan menggelar acara Temu Ramah Coffee Morning bersama pegiat media sosial pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Ogata Coffee, Jalan T Zainal Abidin, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Riau.

Kabidhumas Polda Riau, Kombes Hery Murwono, menyampaikan kepada media bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan visi dan komitmen bersama dengan para pegiat media sosial dalam membentuk platform media sosial yang lebih sehat, bebas dari berita palsu, serta bijak dalam bermedia sosial.

Ia juga menyoroti bahaya dari era Post-Truth, di mana kebohongan sering kali tersamar sebagai kebenaran. "Kita tidak boleh membiarkan berita palsu merajalela di media sosial, mengganggu kenyamanan menjelang Pemilu 2024," ungkapnya.

Oleh karena itu, upaya merangkul para pegiat media sosial untuk mendukung kepolisian dalam menciptakan atmosfer yang kondusif di media sosial dan mengatasi berita palsu menjadi sangat penting.

"Hari ini, kami bersyukur karena 24 pegiat media sosial telah hadir dan sepakat untuk mendukung Polda Riau dengan menandatangani komitmen bersama Bidhumas Polda Riau. Tujuannya adalah menciptakan Cooling System untuk Pemilu tahun 2024," sebutnya.

Berikut adalah empat poin komitmen yang disepakati bersama antara Polda Riau dan para pegiat sosial:

1. Berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan media sosial yang damai dan kondusif untuk memastikan terlaksananya Pemilu 2024 yang berlangsung dengan penuh martabat.

2. Bersinergi dengan Bidhumas Polda Riau dalam menyebarkan informasi positif kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu 2024, dengan tujuan membantu menciptakan Cooling System untuk Pemilu tersebut.

3. Melakukan penyaringan informasi yang diterima dan menolak ajakan serta bujukan dari pihak manapun yang dapat memicu provokasi, menghasut, atau mengandung ujaran kebencian. Selain itu, tidak menggunakan isu SARA dalam bermedia sosial, terutama yang berkaitan dengan Pemilu 2024.

4. Menjaga sikap dan etika dalam berinteraksi dengan pengguna lain, dengan tujuan menciptakan situasi yang kondusif di media sosial.

Selama kegiatan berlangsung, situasi tetap terkendali dan diakhiri dengan pengambilan foto bersama. (MEDIA CENTER RIAU / BTS)

(Mediacenter Riau/bts)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )