Senin, 17 Sya'ban 1445 H | 26 Februari 2024
102 Desa di Siak Dapat Dana BKK, Pemkab Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubri

SIAK - Dalam upaya mewujudkan percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan pemberian dana bantuan keuangan khusus (BKK) untuk desa. Saat ini, penyerahan telah dilakukan kepada 102 desa di Kabupaten Siak.

Dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar bahwa masih ada terdapat beberapa desa di Siak yang sedang memasuki tahapan proses penyaluran. Ia menambahkan, bantuan yang sama juga akan diserahkan untuk desa se-provinsi Riau.

“Hari ini ada 102 desa yang sudah kita salurkan bantuan keuangan khusus. Masih ada beberapa desa lagi yang diproses pencairannya dan ada ditahapan verifikasi. Jadi kita akan membagikan BKK ini keseluruh desa di Provinsi Riau,” katanya di Embung Terpadu Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Kamis (12/10/2023).

Edy menerangkan, dengan adanya dana BKK dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendukung pembangunan dan mendingkatkan perekonomian di desa. Tak hanya itu saja, bantuan tersebut juga dapat dipergunakan untuk menurunkan angka stunting.

“ Ya tentu dengan bantuan tersebut kita harapkan setiap desa ada peningkatannya. Dana ini bisa dipergunakan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem, bisa digunakan penurunan angka stunting, dan peningkatan kapasitas kewirausahaan kepemudaan di desa,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengapresiasi langkah dan sinergitas Pemprov Riau untuk menangani permasalahan yang ada di desa. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Syamsuar yang telah menyalurkan bantuan keuangan khusus.

“Alhamdulillah selamat datang kepada Bapak Gubernur Riau. Kami atas nama pemerintah kabupaten Siak dan masyarakat, tentunya mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Syamsuar yang hadir secara langsung menyerahkan bantuan keuangan khusus kepada desa-desa yang ada di Kabupaten Siak. Mudah-mudahan kehadiran beliau ini membawa berkah bagi negeri Siak. InsyaAllah, Aamiin ya rabbal alamin,” ujarnya.

Dijelaskan Wabup, memang banyak manfaat yang bisa di pergunakan dari dana BKK. Seperti itu ada diantaranya untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim, dan ada juga untuk penurunan stunting. 

“ Saya berharap di maksimalkan betul penggunaannya supaya kemiskinan ekstrem yang ditarget pak Jokowi dan pak Gubernur di akhir 2024 itu sudah tuntas. Kami yakin dan percaya bagi desa-desa yang pergunakan dana ini sebaik-baiknya pasti kemiskinan ekstrem tersebut bisa teratasi. Kemudian juga untuk stunting dapat kita tangani,” jelasnya.

Dituturkan, bahwa kemiskinan ekstrem di Siak saat ini tidak sampai angka 1000 KK. Ia menambahkan, bahkan ada di suatu desa tersebut ia hanya melihat cuman satu atau dua KK saja keluarga miskin. Sehingga menurutnya, bantuan dari Pemprov tersebut dapat menuntaskan permasalahan.

“Jadi ini saya rasa bantuan dari provinsi tersebut bisa untuk menuntaskan masalah. Pemberdayaan ekonomi masyarakat terus kita dorong karena salah satu tujuannya adalah bagaimana perekonomian di desa ini bisa bergerak. Dengan bantuan dari provinsi ini kami dapat mengarahkan program-program ekonomi untuk desa, dan juga mengatasi permasalahan stunting," pungkasnya. (Media Center Riau/bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KONI Riau Serahkan SK Tuan Rumah Porprov Kepada Bupati Siak

Sabtu, 02 Desember 2023 | 10:23:07 WIB

Festival Siak Bermadah Sajikan Wajah Kebudayaan Melayu

Kamis, 12 Oktober 2023 | 12:07:59 WIB

Mencicipi Rasa Durian Sultan di Kampung Agam Siak Riau

Selasa, 22 Agustus 2023 | 23:16:54 WIB