Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Mantap, Gubri Syamsuar Tinjau Pelajar SMAN 2 Bangkinang Menerapkan Teknologi AI

KAMPAR - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau langsung penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada pembelajaran SMAN 2 Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar. Kegiatan ini dilaksanakan di di Laboratorium Komputer sekolah setempat, pada Selasa (24/10/2023).

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengambil langkah cepat memanfaatkan AI untuk membantu pembelajaran di sekolah-sekolah. Gubri Syamsuar optimistis anak-anak Riau ke depan akan menjadi anak-anak yang cerdas, yang melek teknologi. 

"Pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan guru juga para siswa, sekaligus tidak bisa diingkari bahwa masa depan siswa ini akan berhadapan dengan perkembangan teknologi. Setahu saya di tingkat SMA/SMK belum ada pembelajaran menggunakan AI dan alhamdulillah kita [Riau] yang pertama," sebut Gubri Syamsuar.

Meski begitu, orang nomor satu di Riau itu meminta kerja sama seluruh pihak, khususnya komite sekolah, orang tua murid untuk bisa mendukung anaknya agar semangat mempelajari AI lebih dalam. 

"Rata rata anak kita ini kuat keinginannya untuk memperdalam pelajaran menggunakan AI ini. Tidak ada yang tidak suka. Sebab itulah, kita sebagai orang tua harus memberikan semangat agar anak kita di masa yang akan datang, mereka bisa mengikuti kuliah tidak hanya di dalam negeri tapi juga bisa belajar hingga keluar negeri," pinta Syamsuar.

Sementara itu, Praktisi IA sekaligus Vice Rector for Research & Development Digital Advancement Osaka Japan & UICI, Indonesia, Prof. Dr. Eng Jaswar Koto, menyatakan bahwa Riau adalah provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan IA dalam proses pembelajaran.

"Kita harus bangga bahwa saat ini di bawah arahan Bapak Gubernur, Riau adalah provinsi pertama yang menggunakan IA di sekolah-sekolah," tegasnya saat menyampaikan sambutan.

Ia mengungkapkan, bahwa saat ini IA sudah bisa digunakan dengan PC di beberapa SMA di Riau. "Insya Allah setelah ini dengan dukungan Bapak Gubernur, kita menggunakan android. Setelah itu nanti kita gelar Olimpiade IA agar anak-anak kita punya kemampuan yang sama dengan negara-negara maju," ujar Jaswar.

Sebagaimana keinginan Gubri Syamsuar, ia sangat yakin bahwa anak-anak Riau ke depan akan semakin banyak yang mampu melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa.

"Inilah trobosan-trobosan yang dilakukan oleh pimpinan kita. Namun, ini tidak hanya sampai di sini saja, tentu ke depannya kita akan upayakan anak anak kita lulus di MAIT, universitas terbaik di luar negeri seperti Harvard, Tokyo dan sebagainya yang menggunakan AI," tandasnya.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan oleh Gubri Syamsuar kepada para pelajar yang hadir. Sebanyak 50 tas diberikan secara simbolis kepada 2 perwakilan yaitu sAndre Febrian dari SMAN 2 Bangkinang Kota dan Sumia Salsabila Putri dari SMKN 1 Bangkinang Kota.

Turur hadir pada kegiatan tersebut mendampingi Gubri Syamsuar, Kadisdik Provinsi Riau Kamsol dan Kadiskominfotik Provinsi Riau Erisman Yahya dan tamu undangan lainnya.

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ops Ketupat Lancang Kuning di Riau Lancar

Rabu, 17 April 2024 | 15:20:41 WIB

1.167 CJH Kota Pekanbaru Ikuti Manasik Haji Perdana

Rabu, 17 April 2024 | 08:24:21 WIB