Selasa, 8 Syawwal 1445 H | 16 April 2024
Gubri Cek Progres Pembangunan Quran Center dan Riau Creative Hub
Quran Center Riau

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan peninjaun Gedung Quran Center Riau dan Riau Creative Hub (RCH). Gubri melihat langsung progres proyek pembangunan tersebut, pada  Jumat (27/10/2023) sore.

Lokasi Quran Center berada di Jalan Sudirman Pekanbaru. Kedatangan Gubri Syamsuar didampingi oleh Kepala Bagian Bina Mental Biro Kesra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Sofwan Muhajir dan Direktur Maqari, Ustaz Mustafa Umar.

Di gedung tersebut Gubri Syamsuar berkeliling memeriksa satu persatu seluruh ruangan. Ruangan yang ada di gedung tersebut hampir rampung dikerjakan. Bahkan, sudah ada 20 kamar yang sudah selesai.

Meski begitu, masih ada kendala pada pengerjaan tower. Saat ini proses pengerjaannya masih terus digesa oleh Dinas PUPR Provinsi Riau. 

“Di Quran Center ada terdapat 20 kamar. Nantinya, satu kamar itu bisa ditempati oleh 3 sampai 4 orang anak. Di Quran Center juga terdapat tiga taman, nanti bisa digunakan untuk para tahfizh qurannbelajar di taman itu,” kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Riau, Thomas Larfo Dimiera. 

Thomas mengaku ada kendala pengerjaan tower Quran Center. Namun pihaknya terus menggesa agar pembangunannya bisa diselesaikan secepatnya. 

“Yang agak berat pengerjaannya itu masalah di tower, saat ini terus berlanjut dikerjaan. Mungkin sekitar seminggu atau dua minggu lagi bisa selesai,” jelasnya. 

Setelah meninjau Quran Center, Gubri Syamsuar melanjuti peninjauan ke Riau Creative Hub (RCH) di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Di lokasi ini Gubri didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, M Taufiq OH, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat. 

Thomas Larfo Dimiera mengatakan, bahwa pengerjaan kedua gedung tersebut terus digesa. Saat ini, progres pembangunan Riau Creative Hub sudah mencapai 65 persen. Lalu untuk progres Quran Center Riau hampir rampung.

“Sekarang pembangunan Riau Creative Hub sudah 65 persen. Kemudian, untuk Quran Center Riau, Alhamdulillah sudah 85 persen,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkan dia, bahwa Gubernur Riau telah memberikan arahan, agar progres pengerjaan pembangunan dua gedung tersebut jangan sampai melewati tahun anggaran. 

“Untuk peresmian [gedung] kita harus selesaikan dulu pembangunannya. Sesuai dengan kontrak Quran Center dan Riau Creative Hub ini berakhirnya pada bulan Desember, semoga bisa tercapai. Pesan dari Pak Gubernur tadi segera diselesaikan, jangan sampai melewati tahun anggaran,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, untuk pembangunan dua gedung itu, Pemprov Riau mengalokasikan anggaran secara bertahap. Tahap ketiga merupakan penyelesaian gedung.

Untuk pembangunan Quran Center Riau, pada tahap pertama tahun 2021 anggaran yang dialokasikan Rp14,4 miliar. Lalu, untuk tahap kedua senilai Rp22,2 miliar, kemudian, tahap ketiga mencapai Rp14.5 miliar.

Kemudian untuk RCH, pada tahap pertama tahun 2021 anggaran yang dialokasikan sebesar Rp7,7 miliar, tahap kedua senilai Rp5 miliar, kemudian tahap ketiga Rp27,7 miliar. Gedung ini nantinya difungsikan sebagai wadah untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf). (MC Riau/bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

Selasa, 16 April 2024 | 09:26:51 WIB

Riau Terpantau Nihil Karhutla saat Libur Lebaran

Sabtu, 13 April 2024 | 13:18:34 WIB