Selasa, 15 Syawwal 1445 H | 23 April 2024
DHD 45 Gelar Lomba Cerdas Cermat Tingkat SLTA se Riau

PEKANBARU -  Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHD 45) menggelar Lomba Cerdas Cermat Tingkat SLTA se Provinsi Riau, di Pekanbaru, Senin (30/10/2023).

Kegiatan tersebut dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023. Dibuka oleh Gubernur Riau Syamsuar yang diwakili oleh Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy. 

Dalam sambutannya, ia menyebutkan bahwa penyelenggaraan kegiatan cerdas cermat ini merupakan sarana untuk mengasah kemampuan para siswa atau pelajar tentang semangat kepahlawanan. 

"Pelestarian jiwa, semangat dan nilai nilai kepahlawanan sebagai nilai kejhangan bangsa Indonesia dalam upaya menanamkan pemahaman perjuangan bangsa yang tidak pernah berhenti bagi generasi muda," kata Masrul. 

Menurutnya, semangat kepahlawanan harus tetap hidup sebagai dasar perjuangan bangsa sekalipun orientasi perjuangan berubah sesuai dengan perkembangan dan tantangan yang dihadapi bangsa. "Seiring dengan perkembangan zaman, maka arus informasi global dapat mempengaruhi generasi muda dari semangat dan nilai nilai kepahlawanan," ujarnya.

Disampaikan, generasi bangsa saat ini merupakan pelaksana cita-cita pahlawan agar NKRI tetap utuh dibawah pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. "Nilai nilai kepahlawanan harus memiliki tekad dan semangat dalam diri generasi penerus bangsa dan bukan gampang terbawa arus yang sudah memulai memasuki sendi sendi kehidupan generasi muda," ungkap Masrul 

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa dalam rangka mewujudkan generasi bangsa yang mempunyai karakter cinta tanah air dan bela negara dengan menjadikan semangat Hari Pahlawan sebagai salah satu nilai budaya bangsa yang terus ditanamkan. 

Hari pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan Kusuma Bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

"Melalui kegiatan ini semangat kepahlawanan dalam upaya kita untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme dan cina tanah air sebagai bentuk semangat perjuangan harus terus dipupuk, dibudayakan dan diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga menjadi dasar pembangunan karakter generasi bangsa," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya lomba cerdas tepat tingkat SLTA se Provinsi Riau yang dihelat oleh Dewan Harian Kejuangan 45 Provinsi Riau ini.

"Mari ikuti lomba cepat tepat ini dengan suportif dan penuh semangat. Semoga kegiatan yang dihelat ini menjadi momentum kita untuk mewujudkan generasi bangsa yang mempunyai karakter cinta tanah air dan bela negara, menjadikan semangat kepahlawanan sebagai salah satu nilai budaya bangsa yang terus ditanamkan dari generasi ke generasi di masa mendatang," sebut Masrul.

Sementara itu, Ketua Panitia Ahmad Fauzi menyatakan, maksud dan tujuan pihaknya melaksanakan kegiatan cerdas Cermat tingkat SLTA se Riau ini, untuk lebih memberikan pemahaman kepada anak bangsa agar selalu cinta tanah air.

"Tujuan kamu juga untuk menjadikan nilai nilai juang ini sebagai jati diri anak bangsa yang memahami wawasan kebangsaan, paham tentang bela negara dan paham tentang cinta tanah air. Sehingga dapat membentuk kader bangsa yang berintegritas," tandasnya.

Peserta kegiatan cerdas cermat ini diikuti oleh 24 SLTA se Provinsi Riau, di mana masing masing grup terdiri dari 3 orang peserta. Setelah acara pembukaan tersebut, dilanjutkan dengan foto bersama dan lomba cerdas cermat dimulai dengan debat 4 perwakilan SLTA. (MC Riau/NB) 

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

BPS Umumkan Rilis Ekspor Riau Periode Maret 2024

Senin, 22 April 2024 | 17:24:13 WIB

Tim Komisi II DPR RI Kunker di Riau

Senin, 22 April 2024 | 15:50:01 WIB

ARA Kuatkan Eksistensi Pendidikan di Riau

Ahad, 21 April 2024 | 15:24:15 WIB