Sabtu, 22 Sya'ban 1445 H | 02 Maret 2024
Pariwisata Bengkalis Ada Pantai Memukau Hingga Sejarah Kejayaan Laut Terluas
Rupat Utara Kabupaten Bengkalis, Riau (Foto: Heru Maindikali)

Pekanbaru - Menyelisik lokawisata di Provinsi Riau bakal tidak ada habis-habisnya. Ratusan destinasi wisata menjamur di provinsi yang berbatasan dengan negara jiran Singapura dan Malaysia itu. 

Satu di antara daerah yang banyak memiliki lokawisata adalah Kabupaten Bengkalis. Di kabupaten yang berjuluk "Negeri Junjungan" itu, beragam tempat wisata bahari dan sejarah bakal memanjakan pelancong yang datang. 

Di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, terhampar pantai sepanjang 17 kilometer. Kawasan ini merupakan pulau terluar di Riau, diberkahi dengan banyak pantai cantik. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat menuturkan, semenjak diresmikannya Tol Pekanbaru-Dumai, perlahan nama Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis mulai diminati sebagai destinasi wisata pantai bagi warga Pekanbaru, bahkan dari provinsi tetangga. 

"Kawasan pantai yang cukup populer dan memiliki karakteristik di sana adalah Pantai Lapin di Tanjung Punak dan Pantai Pesona di Teluk Rhu. Tak sedikit wisatawan yang datang setelah melihat pesonanya di media sosial dan media massa," ujar Roni Rakhmat.

Dikatakan dia, lokasi Pulau Rupat utara tepat berada di bibir pantai Selat Malaka. Kawasan ini sudah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan kawasan strategis pariwisata provinsi (KSPP).

Dispar Provinsi Riau terus berupaya menggenjot kawasan tersebut menjadi lokawisata yang diminati banyak wisatawan. Satu di antaranya dengan menggelar event Culture Paradise Festival Rupat dan Running 10K.

"Festival Rupat dan Running 10K tahun ini diikuti sejumlah wisatawan asing dari Amerika Serikat (AS). Hal ini menandakan Pulau Rupat semakin di kenal oleh turis internasional. Selain itu, wisatawan nusantara dari Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan juga pernah datang," ucap Roni. 

Roni Rakhmat berujar, pariwisata di Kabupaten Bengkalis sudah tersohor di mancanegara. Hal ini tak lepas dari komitmen dari pemerintah daerah setempat yang terus menggenjot sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di daerah itu. 

"Kabupaten Bengkalis terus membuktikan komitmen untuk memajukan sektor parekraf. Hal ini terbukti dengan pengelolaan destinasi wisata yang mampu memikat wisatawan. Destinasi wisata ini juga diharapkan berdampak positif pada masyarakat setempat dan UMKM," kata Roni, Kamis (9/11/2023). 

Selain wisata bahari di Pulau Rupat Utara, di Bengkalis juga ada lokawisata Pantai Selat Baru, Pantai Raja Kecik, Pantai Perapat Tunggal, Pantai Sepahat, Pantai Tenggayun, dan Pantai Jangkang Kawasan wisata di sana hampir mayoritas dikelola kelompok sadar wisata dengan melibatkan pemda setempat. 

Kabupaten Bengkalis juga menyajikan wisata sejarah, yakni Desa Wisata Bukit Batu. Di sini juga ada destinasi ekowisata mangrove, susur sungai, dan wisata edukasi tenun lejo Bukit Batu. 

Kejayaan Kerajaan Siak di Riau meninggalkan jejak sejarah di Desa Wisata Bukit Batu. Banyak sejumlah situs yang menjadi bukti kejayaan masa lampau, satu di antaranya adalah peninggalan Datuk Laksmana Raja di Laut. 

Datuk Laksamana merupakan pembesar Kerajaan Siak yang semula bermukim di Bukit Batu, Bengkalis, Riau. Sultan Siak menitah Datuk Laksamana Raja di Laut sebagai punggawa kerajaan untuk menjaga pesisir pantai Selat Malaka dari gangguan perompak. 

Desa wisata Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis pernah meraih juara 4 kategori daya tarik pengunjung, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI). Penghargaan itu diterima dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (27/8/2023) lalu. 

Desa Wisata Bukit Batu juga pernah meraih piagam penghargaan museum Rekor -Dunia Indonesia (Muri) kategori wisata yang memiliki sejarah kejayaan laut terluas yang diberikan oleh ketua umum Muri Bapak Prof Dr (HC) KP Jaya suprana. (MC Riau

(Mediacenter Riau/MC Riau)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Baznas Award 2024

Jumat, 01 Maret 2024 | 06:10:56 WIB

OJK Riau Gelar Edukasi Keuangan di Bengkalis

Senin, 18 Desember 2023 | 16:51:39 WIB

Wakil Bupati Bengkalis Soroti TPPO Pekerja Migran di Riau

Sabtu, 09 Desember 2023 | 16:17:52 WIB

Gubri dan BI Riau Kick Off GNPIP di Bengkalis

Selasa, 26 September 2023 | 21:03:59 WIB