Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Tambah 7 Emas, Riau Menuju Juara Umum Porwil Sumatera XI

PEKANBARU - Provinsi Riau, dipaatikan berhasil mempertahankan juara umum Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI untuk yang ketiga kalinya. Perolehan medali yang ditorehkan Riau melesat meningalkan perolehan medali yang dikejar provinsi lainnya. Hingga hari kelima pelaksanaan Porwil, Riau berhasil menorehkan 36 emas, 16 perak dan 32 medali perunggu. 

Riau sebelumnya sempat bersaing ketat dengan Provinsi Bangka Belitung (Babel). Provinsi "Laskar Pelangi" itu, diprediksi hanya bisa menambah satu medali emas dari sisa cabor yang dipertandingkan. 

Babel sementara meraih 31 emas, 21 perak dan 25 perunggu. Berhasil menjadi juara umum di cabor atletik dengan torehan 27 emas, 15 perak dan 8 perunggu. 

Sementara, cabang olahraga renang menjadi penentu Riau mempertahankan gelar juara umum Porwil Sumatera XI. Target 11 medali emas yang dipatokkan renang melebihi dari target. 

Di hari terakhir pertandingan cabor renang Vanessa cs berhasil meraih total 23 medali emas, 5 perak dan 9 perunggu. cabor renang Riau sekaligus menjadi juara umum cabor renang. Cabor barongsai juga berhasil menjadi juara umum dengan torehan, 5 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Peluang Riau untuk kembali menambah pundi-pundi medali emas dan memperkokoh gelar juara umum masih terbuka, di antaranya dari cabor Sepak Takraw di nomor tim regu putra dan quadrant putri. 

Sepak takraw sampai saat ini menorehkan 3 emas, dan 1 perunggu. Cabang olahraga beregu lainnya, bola tangan putri juga ikut menambah medali emas Riau, setelah di partai final mengalahkan Bengkulu. Cabor catur juga ditargetkan bisa menambah medali emas Riau, dari 7 nomor sisa catur yang dipertandingkan. 

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, menyampaikan rasa syukur terhadap perjuangan atlet-atlet Riau di hari-hari terlahir pertandingan Porwil. Terutama cabor renang, perenang putra dan putri Riau menunjukkan prestasi yang luar biasa. 

Perjuangan tanpa menyerah ditunjukkan atlet Riau dengan berhasil menambah 6 medali emas. Tambahan 6 medali emas ini membuat Riau meninggalkan Bangka Belitung dari torehan medali sementra. 

“Alhamdulillah hari ini perjuangan semua atlet kita luar biasa. Mereka mampu menambah medali emas bagi kontingen Riau. Renang itu melebih target medali yang dipatokkan, total 23 medali emas yang mereka raih. Cabor lainnya sepak takraw, barongsai, atletik, wushu, dan bola tangan menambah medali emas Riau,” ujar Iskandar Hoesin, Kamis (9/11/2023). 

Iskandar juga berterima kasih kepada dukungan masyarakat Riau yang ikut memberikan semangat kepada atlet-atlet Riau yang bertanding. Peluang Riau untuk memperkuat medali emas masih terbuka di beberapa cabor beregu. 

“Kalau dihitung dari sisa pertandingan cabor pertandingan Porwil lainnya, Kita akan bisa menambah medali emas, dari cabor sepak takraw, catur. Cabor beregu peluang juga ada voli putra dan putri, termasuk sepakbola kita juga lolos semifinal mudah-mudahan menembus final. Saingan kita Babel sepertinya sulit untuk menambah medali emasnya, paling satu atau dua medali saja. Kalau kita bisa saja menambah tiga sampai lima medali emas,” imbuh Iskandar. 

Untuk diketahui, beberapa cabang olahraga Porwil telah menyelesaikan pertandingan diantranya, cabor wushu, cabor atletik, renang, barongsai, dan bola tangan. Cabor yang masih akan berlangsung pertandingan diantaranya, sepakbola, sepak takraw, voli Indor, dan catur. (MC Riau/Ji) 

(Mediacenter Riau/ji)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB