Sabtu, 22 Sya'ban 1445 H | 02 Maret 2024
Plt Gubri Resmi Membuka MTQ ke-41 Tingkat Provinsi Riau
Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau, di Kota Rengat, Indragiri Hulu, pada Sabtu (11/11/2023) malam.

IHNU - Plt Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau. Lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut di Kota Rengat, Indragiri Hulu, pada Sabtu (11/11/2023) malam. 

Astaka Utama MTQ dipusatkan di kawasan wisata Danau Raja. Suasananya terlihat begitu meriah. Berbagai macam pameran dan bazar disajikan.

Secara simbolis pembukaan perlombaan musabaqah tilawatil Quran ditandai dengan penampilan defile dari 12 kabupaten/kota. Lalu, diakhiri pemukulan beduk.

Dikatakan Plt Gubri Edy Nasution, terpilihnya Kabupaten Indragiri Hulu ini merupakan sebuah amanat yang telah disepakati bersama-sama untuk menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran. Kegiatan tersebut dapat menjadikan motivasi untuk membangun Riau yang lebih relegius.

“Mudah-mudahan event ini akan membawa manfaat dan mampu meningkatkan motivasi bagi pemerintah serta masyarakat dalam upaya untuk membangun provinsi Riau ke arah yang lebih religius,” katanya.

Plt Gubri mengajak seluruh pihak untuk berikhtiar agar Alquran dan kandungannya senantiasa diakrabkan, dipelajari, dipahami, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Alquran sebagai pedoman dalam hidup.

"Maka syiar Islam dapat ditempuh dengan berbagai cara di antaranya melalui bidang seni yang salah satunya yaitu melalui Musabaqah Tilawatil Quran,” jelasnya.

Ia menerangkan, tujuan dan makna kegiatan MTQ ini memang prestasi. Namun, yang lebih utama dari yang utama tersebut adalah membumikan Alquran di bumi Lancang Kuning ini. Oleh karna itu, haruslah bermusabah ataupun berlomba menunjukkan kualitas yang terbaik untuk kehidupan umat.

“Bukan hanya dalam arena MTQ tetapi juga berlomba pada kehidupan sehari-hari untuk menjadi yang terbaik harus menjadikan Alquran sebagai nafas kehidupan sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian utama. Jadikan MTQ ke-41 tingkat provinsi Riau ini sebagai stimulan untuk meningkatkan penghayatan kecintaan dan pengamalan ajaran Islam yang benar-benar rahmatan lil alamin,” terangnya.

Diungkapkan, keberhasilan MTQ bukan selesai pada ketika ditetapkannya sang juara dan pemenang. Tetapi kualitas keberhasilan harus dimuliakan awal dan selama proses berjalannya MTQ itu sendiri. 

Ia menambahkan, terkhusus penilaian dari dewan hakim, ia berharap agar dapat memberikan penilaian secara objektif dan transparan. Dewan hakim harus independen dan berintegritas tidak boleh ada yang mengintervensi.

“Semoga melalui MTQ tingkat provinsi Riau ke-41 ini dapat melahirkan qori-qoriah dan Hafiz Hafizah serta mufasir yang berkualitas. Dengan begitu nantinya mampu menjadi perwakilan dari provinsi Riau pada MTQ tingkat nasional.” harapnya.

Sebagai informasi, event keagamaan ini dilaksanakan 11-18 November 2023 dengan jumlah peserta 761 orang. Peserta tersebut berasal dari Kabupaten Bengkalis sebanyak 55 orang, Indragiri Hilir 66 orang, Indragiri Hulu 68 orang, Kampar 67 orang, Kepulauan Meranti 41 orang.

Kemudian, dari Kabupaten Kuantan Singingi 66 orang, Pelalawan 65 orang, Rokan Hilir 65 orang. Selanjutnya Rokan Hulu 68 orang, Siak 69 orang, kota Dumai 65 orang dan kota Pekanbaru 66 orang. (MC Riau/bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Personel Kodim 0302 Inhu Meninggal saat Pleno KPU Inhu

Kamis, 29 Februari 2024 | 18:40:26 WIB

Stok BBM dan Gas di Inhu Aman Jelang Pemilu

Kamis, 01 Februari 2024 | 10:13:17 WIB

Polres Inhu Tangkap Zulkifli Pelaku Pembunuhan Mahasiswi

Selasa, 21 November 2023 | 22:30:38 WIB

Kapolres Inhu Ingatkan Anak Buahnya Jaga Netralitas

Senin, 20 November 2023 | 12:28:39 WIB