Ahad, 8 Muharram 1446 H | 14 Juli 2024
Plt Gubri Paparkan Gagasan Pembangunan Riau
Coffee morning Plt Gubri Edy Natar Nasution, bersama media.

PEKANBARU- Plt Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution  mengadakan coffee morning bersama media. Dalam pertemuan itu membahas tetang gagasan Riau membangaun bersama. 

Edy Nasutuon mengatakan, dalam membangun Provinsi Riau lebih baik kedepannya, tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi perlu kolaborasi dan kerjasama banyak pihak, tidak terkecuali media. 

Dalam kesempatan itu, Plt. Gubri menyampaikan gagasannya untuk membangun Riau lebih baik, diantaranya pangan dan pertanian. Katanya, saat ini Riau masih bergantung dengan provinsi tetangga dalam pemenuhan pangan. 

Padahal menurut Edy Nasutuon, Riau memiliki potensi yang cukup untuk mengembangkan berbagai komoditas pangan.

"Kalau daerah pemasok itu krisis pangan, maka akan berdampak besar bagi Riau. Maka pertama yang harus dipikirkan, bagaimana menyiapkan ketahanan pangan di Riau," ujarnya saat coffee morning bersama media di Rumah Dinas Plt. Gubernur Riau, Selasa (14/11/2023)

Jika ingin memajukan Riau, lanjutnya, hal pertama yang harus diperhatikan yakni memastikan seluruh masyarakat Riau terpenuhi pangannya. 

"Karena jika pangan atau perut sudah terisi, barulah bisa kita ajak untuk produktif," imbuhnya. 

Lalu, gagasan berikutnya yakni layanan kesehatan terpenuhi. Ini dibuktikan dengan memberikan akses kemudahan dalam memperoleh layanan kesehatan bagi masyarakat Riau melalui kerjasama dengan pemerintah kota/kabupaten agar terwujud masyarakat yang sehat. 

Selanjurnya, rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu. Selain itu, masyarakat juga perlu diberikan pendidikan dan pelatihan, agar terciptanya masyarakat yang produktif dan berdaya saing. 

"Setelah masyarakat kenyang, badannya sehat, dan pikirannya tenang, maka baru bisa diajak untuk produktif melalui pendidikan atau pelatihan. Kalau ini dilakukan dengan baik, maka Riau bisa menyiapkan masyarakat yang siap bersaing," jelas Edy Nasution. 

Gagasan berikutnya, menyediakan lapangan pekerjaan dan ekonomi kerakyatan, infrastruktur untuk kemajuan ekonomi, serta kehidupan masyarakat melayu yang agamis. 

Plt. Gubri berharap gagasan pembangunan Riau tersebut dapat terealisasi dan dilakukan dengan kolaborasi bersama banyak pihak, sehingga kemajuan untuk Riau dan kesejahteraan masyarakat bisa betul-betul terwujud. 

Untuk itu, ia meminta kepada setiap OPD dan seluruh kepala daerah untuk membuat penganggaran yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat. 

"Saya mengingatkan kepada OPD dilingkungan Pemprov Riau dan pimpinan daerah se Provinsi Riau agar mengalokasikan dana yang berorientasi kepada gagasan pembangunan Riau atau masyarakat," tutup Edy Nasution. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Kelapa Sawit Swadaya Naik Lagi, Ini Daftar Harganya

Selasa, 04 Juni 2024 | 16:15:31 WIB