Rabu, 9 Syawwal 1445 H | 17 April 2024
Wamen ATR/BPN Resmi Membuka Sumatera Youth Summit 2023 di Riau
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni.

PEKANBARU - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, resmi membuka Konferensi Pemuda Sumatera (Sumatra Youth Summit) tahun 2023 di Provinsi Riau. Agenda yang ditaja oleh organisasi mahasiswa tersebut memiliki tema “Dari Sumatera Untuk Indonesia”.

Turut hadir pada pertemuan itu, Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, jajaran Forkopimda Riau dan organisasi mahasiswa terkait. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Daerah Pauh Janggi, Komplek Kediaman Gubernur, Kota Pekanbaru, Jumat (17/11/2023) malam.

Dikatakan Wamen ATR/BPN, bahwa pertemuan seperti ini tentunya sejalan dengan jiwa kepemudaan bangsa. Ia berbagi pengalaman kepada para mahasiswa bagaimana bisa menjadi generasi yang berguna.

“Ketika mahasiswa, bagi saya ada tiga peran penting bagi mahasiswa, kalau saya rumuskan  pertama itu adalah buku, kedua cinta, dan yang ketiga pesta,” katanya.

Dijelaskan, maksud dari buku adalah, bagaimana pentingnya mengembangkan ilmu pengetahuan, menikmati momentum-momentum saat menjadi mahasiswa, di mana memiliki kesempatan untuk membaca apa saja. Setelah itu dilakukan diskusi bersama sehingga munculah ide dan gagasan.

“Kedua cinta, mencintai luar bisa, menurut saya ketika masih menjadi mahasiswa sudah saatnya untuk memberi perhatian lebih terhadap tanah air. Contohnya peduli terhadap lingkungan dan sosial kita yang ada saat ini,” jelasnya.

Kemudian, rumusan yang ketiga adalah pesta. Menurutnya pesta ini adalah kegembiraan, tidak terlalu dalam makna party yang kemudian menjadi gemerlap malam, tetapi pada saat inilah mahasiswa juga harus menikmati hidup sebagai mahasiswa dengan kehidupan yang seimbang. 

“Seperti menggalang aksi sosial, menjadi mahasiswa pencita alam, bergaul tidak mengurung diri, dan banyak macamnya lagi. Di mana sesungguhnya itulah yang membuat kehidupan kita menjadi lebih bergairah,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nofra Khairon, menerangkan Konferensi Pemuda Sumatera (Sumatra Youth Summit) adalah sebuah wadah penting. Konferensi ini membawa pemuda-pemuda berbakat dan bersemangat dari seluruh Sumatera yang berkumpul di Riau. 

Ia menambahkan, acara ini tidak hanya sekadar pertemuan, tetapi juga sebuah langkah proaktif untuk merumuskan visi bersama dan mewujudkan perubahan positif di tingkat regional. 

“Dalam kegiatan ini, kita akan bukan hanya pertemuan, tapi merupakan panggung inspirasi, gagasan, dan kolaborasi yang akan membentuk masa depan kita,” terangnya.

Diungkapkan, pemuda adalah kekuatan pendorong perubahan. Dengan begitu, melalui forum konferensi tersebut generasi saat ini dapat memiliki kesempatan untuk menggali ide-ide brilian, membangun jejaring, dan bersatu demi mencapai tujuan bersama.

“Oleh karena itu, mari kita jadikan momentum ini sebagai landasan untuk aksi nyata dan transformasi positif,” ungkapnya.

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy,  berharap dari kegiatan yang mengumpulkan organisasi mahasiswa di bawah naungan Cipayung Plus ke Provinsi Riau dapat menjadikan daerah semakin maju. Dengan begitu, generasi emas Indonesia tahun 2045 dapat bisa terwujud dengan dorongan bersama.

“Satu kesempatan yang baik bagi daerah ini untuk menjadi maju dan terdepan. Semoga apa yang dilakukan oleh adik-adik kami yang tergabung dalam Cipayung plus dan berbagai organisasi kepemudaan ini bisa mendorong kemajuan daerah kita. Sehingga kejayaan itu akan terwujud pada tahun Indonesia emas tahun 2045 mendatang.” pungkasnya.(MC Riau/bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

1.167 CJH Kota Pekanbaru Ikuti Manasik Haji Perdana

Rabu, 17 April 2024 | 08:24:21 WIB

Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

Selasa, 16 April 2024 | 09:26:51 WIB