Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024

Pekanbaru - Fasilkom Unilak Riau mengadakan seminar nasional bidang teknologi Informasi dan ilmu komputer dengan tema Artifficial Inteligence dalam teknologi digital era society 5.0. Kagiatan ini menghadirkan narasumber dari University Utara Malaysia.

Pelaksanaan seminar nasional digelar secara hybrid (luring dan daring) pada Rabu (22/11/2013). Acara ini diikuti oleh lebih dari 250 peserta mahasiswa, pemakalah, dan dosen di perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS Mhum, turut hadir Dekan Fasilkom Unilak Dr Yogi Yunefri MKom, Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzmai MKom, Wakil Dekan di Unilak.

Sebagai narasumber seminar nasional dari University Utara Malaysia Assosite Prof TS Dr Mohd Ghozali Bin Hasan, dan Assosite Prof TS Dr Nor Hazlyna Binti Harun, Assosite  Prof Dr Abdullah Husein M Kom dari Universitas Islam Indragiri dengan moderator dosen Fasilkom Unilak Loneli Chostaner MKom. 

Dekan Fasilkom Unilak Dr Yogi Yunefri mengucapkan terima kasih atas partisipasi dalam seminar nasional teknologi informasi dan ilmu komputer. Saat ini mencerminkan pergeseran pembangunan teknologi dan ilmu komputer di era society 5.0 menandakan perubahan signifikan cara kita berinteraksi dengan teknologi, teknologi menjadi pilar utama membentuk masyarakat. 

"Kami senang dan sangat antusias dalam pelaksanaan seminar ini, teknologi juga membuka pintu solusi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui seminar ini kita akan bersama-sama mendalami berbagai aspek penting terkait AI dalam teknologi, baik dalam penggunaan algoritma cerdas, dalam sosial, dan etika kehidupan," ucap Dr Yogi, Rabu (22/11/2023). 

"Ini semua menuju perubahan masyarakat pintar. Saya ingin mengingatkan perkembangan teknologi membawa tanggung jawab yang besar mari kita berkomitmen mengembangkan AI dengan mempertimbangkan nilai etika kepada masyarakat," imbuhnya. 

Disebutkan Dr Yogi, inovasi yang kita ciptakan tidak hanya meningkatkan efisiensi tapi juga kualitas kehidupan manusia. Dalam seminar nasional ini ada 56 artikel yang masuk dari perguruan tinggi se Indonesia. 

"Terima kasih kepada pembicara, dan peserta yang berkontribusi dalam keberhasilan seminar nasional ini menjadi forum yang inspiratif membawa wawasan baru bernilai bagi perkembangan pengetahuan dan teknologi manusia," katanya. 

Sementara itu, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi memberikan apresiasi Fasilkom Unilak yang telah sukses mengadakan seminar nasional tema AI dan Teknologi. 

"Seminar ini penting bagi kita orang-orang kampus untuk menambah ilmu, menambah pengetahuan kita. Aktifitas akademik seperti seminar, FGD, dan workshop akan memberi ruang kita untuk berdialog dengan perkembangan kekinian, apalagi seminar ini berkatian AI dalam Teknologi digital, ini trend terjadi pada saati ini," ujarnya. 

Disampaikan, bahwa perkembangan AI semakin pesat dan masuk ke berbagai sendi-sendi kehidupan. Kecerdasan buatan itu dibuat oleh manusia dan meniru kecerdasan yang ada diri manusia. 

AI digunakan untuk manusia, teknologi memang bisa menggantikan beberapa apek kerja manusia, tetapi teknologi dibuat untuk manusia, aspek aspek kemanusian dalam teknologi harus diangkat. 

"Konsekuensi adalah bahwa perkembangan teknologi termasuk AI itu mesti melibatkan multi disiplin ilmu, melibatkan orang-orang dalam bidang sosial, atau orang orang dalam bidang budaya, karena nanti penggunaan teknologi akan mempengaruhi prilaku manusia dan kebiasaan manusia," sebut Prof Junaidi. (MC Riau/Jep

(Mediacenter Riau/jep)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )