Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
Wakapolri Berkunjung ke Riau, LAMR: Masyarakat Sangat Mendukung Persatuan
Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (Ketum MKA), Datuk Seri H Marjohan Yusuf .

PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sangat menyambut baik kedatangan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri ) Komjen Pol Agus Andrianto ke Pekanbaru, Provinsi Riau. Terlihat dalam agenda pimpinan Polri tersebut Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (Ketum MKA), Datuk Seri H Marjohan Yusuf memakaikan tanjak kepada Wakapolri.

Ketum MKA, Datuk Seri H Marjohan Yusuf menyampaikan, bahwa seluruh masyarakat di "Bumi Lancang Kuning" bersama Pemerintah Provinsi Riau selalu mendukung upaya persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karna itu, menurut dia, meski banyak berbagai macam suku dan agama di Riau kerukunan tetap terjaga.

Hal ini dikatakan Datuk Seri H Marjohan dalam kegiatan silaturahmi kebangsaan yang digelar Polda Riau. Pertemuan berlangsung di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Rabu (22/11/2023).

“Kita masyarakat di sini tidak pernah bermasalah dengan masyarakat pendatang. Itu dibuktikan walaupun berbeda suku, budaya, ras, dan adat istiadat, alhamdulillah masih tetap bersatu dan rukun sampai saat ini,” katanya. 

Dijelaskan, masyarakat melayu sangat terbuka terhadap siapapun kepada pendatang. Menurutnya, penduduk di Riau selalu memahami dan menjunjung tinggi keberagaman serta saling bertenggang rasa. 

“Oleh karna itu, dari pertemuan silaturahmi ini kita bersama-sama tunjukkan kerukunan. Apalagi sebentar lagi akan menghadapi tahun politik, meski berbeda pandangan tapi kita tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

“Riau ini dikenal dengan 'Bumi Lancang Kuning', simbol itu melambangkan kebesaran, kejayaan dan kekuasaan. Maknanya, tempat berhimpun dan berkumpul bersama-sama untuk kemaslahatan umat, itu sudah dari dulu adanya,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, bahwa tujuan diadakannya pertemuan ini untuk menjalin komunikasi baik kepada seluruh masyarakat. Dengan begitu, keberadaan Polri dapat membantu dan mengatasi berbagai persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Tentunya harapan kami mengadakan program ini untuk terjalinnya komunikasi yang baik antara seluruh anggota Polri dengan masyarakat. Sehingga keberadaan Polri betul-betul bisa membantu berbagai permasalahan yang dihdapi masyarakat di wilayahnya,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto. Kemudian tampak pula, Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman dan jajaran forkopimda. (MC Riau/bib)

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )