Sabtu, 12 Syawwal 1445 H | 20 April 2024
Kondisi Pekanbaru Menjelang Pemilu Serentak 2024 Masih Normal
Indra Pomi Nasution

PEKANBARU - Kondisi masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang di Pekanbaru dan daerah sekitar masih dalam keadaan normal. 

Demikian disampaikan Ketua Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilayah (Komwil) Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Indra Pomi Nasution di Hotel Grand Elit Pekanbaru, Jumat (24/11/2023).

"Alhamdulillah masih aman, mudah-mudahan kondusifitas tersebut tetap terkendali sampai selesai pelaksanaan pesta demokrasi sejuk damai selalu," kata Indra Pomi Nasution.

Ia juga berharap suhu politik dalam negeri yang tergambar dalam berbagai berita media sosial tidak menjalar ke daerah-daerah khususnya yang ada di Bumi Melayu Lancang Kuning.

Maka dari itu, ia mengajak seluruh stakeholder untuk mendorong serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam Pemilu damai.

"Kita harapkan mereka (masyarakat) mendatangi tempat-tempat pemungutan suara untuk memberikan hak pilihnya," harapnya.

Karena menurutnya, Pemilu adalah sarana demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Maka dari itu, pesta demokrasi yang nanti akan berlangsung pada tahun depan bisa tetap terjaga dan kondusif.

Di sisi lain, menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Riau juga perlu dilakukan sebagaimana yang telah diamanahkan undang-undang.

"Mudah-mudahan pendidikan politik yang diberikan dapat membawa masyarakat kita untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu damai mendatang," pungkasnya.

Sebagai Informasi, Pesta demokrasi akbar bagi rakyat Indonesia akan berlangsung pada 14 Februari 2024 melalui Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak. 

Hari pemungutan suara itu dihelat bersamaan dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilu Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI.

Sementara, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota diselenggarakan serentak di seluruh daerah pada 27 November 2024 mendatang.

(Mediacenter Riau/sam)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Riau, pada Sabtu 2 April 2024

Sabtu, 20 April 2024 | 10:54:36 WIB