Sabtu, 12 Syawwal 1445 H | 20 April 2024
Sekdaprov Riau Harap Penggunaan Dana APBD Sepenuhnya untuk Masyarakat Secara Efektif dan Efisien
Sekdaprov Riau SF Hariyanto.

PEKANBARU- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto berharap agar penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau dapat berguna sepenuhnya untuk masyarakat Riau secara efektif dan efisien. 

Harapan tersebut diutarakan SF Hariyanto saat menyampaikan jawaban kepala daerah terhadap pertanyaan, saran, kritikan maupun tanggapan serta masukan dari fraksi-fraksi DPRD Provinsi Riau mengenai Ranperda APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2024, dalam acara rapat paripurna DPRD Provinsi Riau, Rabu (29/11/2023). 

Diinformasikan, pada 28 November 2023, fraksi-fraksi DPRD Provinsi Riau telah menyampaikan pandangannya tentang APBD Provinsi Riau 2024, satu diantarnya fraksi partai Golkar. Menyampaikan pandangan, kritikan, masukan, dan sarannya tentang pengembangan industri, pertanian, pariwisata, pengentasan kemiskinan, pendidikan, infrastruktur bahkan pengawasan terhadap pelaksanaan dana desa dan pengelolaan BUMD. Adapun semua itu  ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Atas hal tersebut, SF Hariyanto menyatakan Pemprov Riau sependapat dengan fraksi partai Golkar, bahwa perlu adanya sistem perencanaan yang baik dan terukur, sistem penganggaran dan pertanggungjawaban kinerja yang terintegrasi, serta terhubung dengan sistem pelaporan keuangan daerah yang akuntabilitas. 

"Sehingga penyelenggaraan pemerintah daerah dalam perencanaan dan penganggaran semakin efektif, efisien serta pelaksanaanya sesuai dengan regulasi yang ditetapkan. Selanjutnya dalam pelaporannya dapat tersaji dengan baik berbentuk laporan keuangan pemerintah daerah (Pemda) yang dapat diakses oleh masyarakat," jelasnya. 

Labih lanjut, Sekdaprov Riau juga menanggapi mengenai masukan dalam proses peyusunan APBD, dan perumusan indikator yang tepat dalam mengukur dan memudahkan pengawasan dalam penggunaan anggaran APBD, menurutnya hal itu akan menjadi perhatiannya untuk terus melakukan perbaikan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasi. Dengan harapan seluruh penggunaan dana APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2024 dapat berguna sepenuhnya bagi masyarakat secara efektif dan efisien. 

"Diharapkan seluruh penggunaan dana APBD dapat berguna sepenuhnya bagi masyarakat secara efektif dan efisien," pungkas SF Hariyanto. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )