Senin, 17 Sya'ban 1445 H | 26 Februari 2024
Wali Kota Dumai Tancap Gas Percepat Sarana Prasarana Olahraga Porprov Riau

PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, telah menetapkan Kabupaten Siak dan Kota Dumai untuk menjadi tuan rumah bersama penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tahun 2026 mendatang. Penunjukan dua daerah tersebut mendapat sambutan baik dan apresiasi dari seluruh Kabupaten Kota.

Porprov Riau upaya untuk memajukan olahraga yang merata di kabupaten dan kota dalam meningkatkan sarana dan prasarana termasuk pembangunan venue cabang olahraga. 

Sejak berdirinya Kota Dumai, baru sekarang Pemerintah Kota Dumai akan membangun stadion sepakbola, dan dilengkapi dengan venue cabor lainnya. Sehingga akan menjadi sport centre baru di kota tersebut. 

“Kami apresiasi kepada KONI Provinsi Riau, yang telah menunjuk Dumai sebagai salah satu penyelenggara Porprov tahun 2026. Kami tancap gas dalam arti mempersiapkan sarana prasaran, begitu juga dengan atletnya jadi kami mohon doanya, bisa maksimal menyambut seluruh kontingen ke Dumai,” ujar Wali Kota Dumai, Paisal dalam keterangan pers tertulis, Rabu (6/12). 

“Dalam waktu dekat kami akan membangun stadion sepakbola. Karena mimpi dari warga Dumai khususnya belum punya stadion sendiri, punya destinasi baru stadion yang lengkap. Ada tempat Cabor volinya, ada basketnya, ada tenisnya. Insya Allah bisa lengkap,” imbuh Paisal.

Terkait dengan prestasi olahraga di Kota Dumai, Paisal mengatakan, banyak potensi-potensi atlet muda di Kota Dumai yang bisa meraih prestasi. Tentunya dengan pembinaan-pembinaan yang harus mulai dijalankan oleh seluruh cabang olahraga, termasuk KONI Kota Dumai. Bahkan Dumai memiliki salah satu tim sepaknbola yang sudah masuk di kancah sepak bola nasional, yakni Persemai Dumai. 

“Dari segi prestasi Dumai punya potensi mulai dari cabor voli, sepak takraw, bahkan sepakbbola tim Persemai Dumai sudah ke tingkat nasional. Selain prestasi, kami ingin anak-anak muda sibuk dengan olahraga dan membawa hal yang positif, sehingga anak-anak muda kita terhindar dari narkoba,” katanya. 

Sementara itu, ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, mengatakan, ia menginginkan seluruh kabupaten dan kota memiliki sarana dan prasarana olaharaga yang lengkap. Karena itulah ia mendukung pelaksanaan Porprov di kabupaten dan kota. Sehingga, kata dia, pemerintah daerah bisa memiliki tanggungjawab untuk membangun melengkapkan sarana dan prasarana. 

“Kami dari KONI Riau telah menunjuk dua daerah untuk menjadi tuan rumah Porprov. Sebelumnya Siak sudah kami serahkan SK dari Gubernur, dan sekarang Dumai. Kita berharap Dumai bisa menjadi tuan rumah yang baik, venue yang belum ada atau belum sempurna disempurnakan. Kita ingin memberikan kesempatan kepada daerah untuk mengembangkan olahraga di daerah, salah satunya sebagai tuan rumah Porprov,” kata Iskandar Hoesin. 

“Di Dumai, tidak hanya lapangan bola, ada juga venue lain yang akan dibangun oleh Pemkonya. Rencananya ada 20 Cabor yang akan dipertandingkan di Kota Dumai. Dengan waktu memadai ini, saya yakin Pemko Dumai bisa membangun venue Porprov, bagi masyarakat Dumai. Karena Porprov XI tahun 2026, bisa dianggarkan oleh Pemko membangun venue yang belum sempurna dan lebih matang,” ungkapnya. 

Untuk diketahui sebelumnya KONI Riau juga telah menyerahkan SK penetapan tuan rumah Porprov XI kepada Bupati Siak Alfedri, pada saat malam puncak pembukaan Tour de Siak di Kabupaten Siak, Sabtu (2/12). Selanjutnya pada Senin (4/12) Ketua KONI Riau, menyerahkan SK penetapan Kota Dumai sebagai tuan rumah Porprov XI, dan juga langsung diterima oleh Walikota Dumai Paisal. (MC Riau/Ji). 

(Mediacenter Riau/ji)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Duta K3L Tingkat SMA/SMK se-Kota Dumai Jalani Pembekalan

Selasa, 13 Februari 2024 | 09:17:20 WIB

Masyarakat Dumai Jalani Sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP

Senin, 05 Februari 2024 | 17:20:46 WIB

Program Sedekah Jelantah Kini Go Digital

Sabtu, 09 Desember 2023 | 22:10:12 WIB

Pemuda di Dumai Diterkam Buaya Ditemukan Meninggal Dunia

Sabtu, 09 Desember 2023 | 15:48:05 WIB

Pemuda di Dumai Diterkam Buaya, Basarnas Lakukan Pencarian

Kamis, 07 Desember 2023 | 19:35:06 WIB

Pemprov Selesaikan Evaluasi APBD Murni 2024 Pemkot Dumai

Selasa, 07 November 2023 | 11:33:08 WIB

Kanwil DJP Riau Bentuk Tax Center dengan Universitas Dumai

Selasa, 24 Oktober 2023 | 15:33:00 WIB

Dishub Riau Tilang 296 Unit Kendaraan Angkutan di Dumai

Senin, 09 Oktober 2023 | 19:16:36 WIB