Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
400 Mahasiswa Unri Ikut Wirausaha Merdeka Aksi Pemuda Bacth II

PEKANBARU – Sebanyak 400 mahasiswa ikut kegiatan Festival Wirausaha Merdeka (WMK) Aksi Pemuda Batch II Tahun 2023, Universitas Riau, di Living World Pekanbaru, Riau. Acara ini berlangsung selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu 8-10 Desember 2023.

“Kegiatan ini dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),” kata Ketua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Aksi Pemuda Batch II, Julita SE MSi Ak CA.

Keterlibatan Unri pada festival ini, menandakan Unri sebagai satu diantara Perguruan Tinggi penyelenggara yang bertujuan ikut serta dalam mendukung tumbuh kembangnya wirausaha ditingkat mahasiswa. 

“Festival ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa,” kata Julita.

Dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini menjelaskan, tema yang diusung pada festival ini adalah “Youth Innovation In Disruption Era” diikuti sebanyak 400 orang mahasiswa peserta Program Wirausaha Merdeka Aksi Pemuda Bacth II”. ‘

“Sebanyak 80 both ikut ambil bagian pada gelaran Festival Batch II ini, mahasiswa yang ambil bagian pada festival ini adalah kelak mereka yang ingin menjadi seorang wirausahawan,” jelas Julita.

Menurut Julita, pada festival ini terdapat pembelajaran wirausaha berupa persiapan pengetahuan kewirausahaan (matrikulasi), praktik langsung berwirausaha yang dilakukan secara terencana dan implementasi program wirausaha berupa festival WMK AKSI PEMUDA Unri yang meliputi ide bisnis dan launching produk kepada customer dan investor.

“Bagi peserta yang notabenenya adalah mahasiswa, ini tentunya menjadi pengingat pentingnya mengembangkan mental wirausaha, mendapatkan ilmu sejak dibangku perkuliahan,” ucap Julita.

Dengan kegiatan ini, Unri membentuk portofolio program wirausaha, dengan melakukan inovasi pada program wirausaha merdeka yaitu program yang menerjunkan langsung semua mahasiswa yang menjadi peserta ke dalam dunia usaha melalui kegiatan praktek UMKM. Dengan tujuan lain memantik lebih banyak jiwa kewirausahaan dan memberikan motivasi dalam kurikulum pelaksanaannya.

WMK Aksi Pemuda Batch II ini juga merupakan satu percontohan kegiatan kewirausahaan pada kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Julita menyampaikan, acara puncak nanti akan dilaksanakan penyerahan anugerah kepada peserta yang telah mengikuti Program Wirausaha Merdeka Pemuda Aksi Batch II ini.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Unri Wan Muhammad Hasyim sangat mengapresiasi dengan kegiatan Festival WMK batch II ini.

Pria lebih dikenal dengan nama Suhu Wan ini mengatakan, sebagai Investor dan Ketua Alumni Universitas Riau, dirinya sangat apresiasi dengan ditaja nya kegiatan seperti ini.

“Dengan kegiatan ini, akan semakin banyak peluang bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan,” kata Suhu Wan.

Dia berharap, dengan festival ini, akan lahir wirausahawan muda terutama dari Universitas Riau. (MC Riau/HB) 

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB