Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Gubri Dukung Tradisi Pacu Jalur, Sekda Kuansing Beri Apresiasi

KUANSING - Dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi dalam tradisi Pacu Jalur terlihat nyata. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution yang didampingi Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kuansing Dedy Sambudi pada acara melayur jalur.

Kegiatan tradisi ini sudah dilakukan sejak dulu, turun menurun. Pelayuran jalur untuk memuaikan perahu tersebut dilaksanakan di Desa Koto Tuo, Kecamatan Kuatan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Jumat (08/12/2023) malam.

Dikatakan Sekda Kuansing, Dedy Sambudi, bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya, tahun depan Kabupaten Kuantan Singingi akan menerima bantuan keuangan dari Pemprov Riau, berkisar Rp3 milyar. Dana tersebut adalah bantuan terbesar selama ini untuk mendukung pelaksanaan pacu jalur.

“Untuk kegiatan Pacu Jalur yang akan dilaksanakan tahun depan, informasinya kami akan mendapatkan bantuan dari bantuan keuangan provinsi sebesar lebih kurang 3 miliar. Atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan seluruh masyarakat Kuansing, tentunya ini adalah bantuan paling besar yang kami terima selama ada event pacu jalur,” katanya.

Dijelaskannya, bantuan dari Pemprov Riau tidak hanya untuk event pacu jalur saja. Tetapi, ada juga bantuan melalui Dinas Pariwisata Riau yang berguna sebagai penataan taman jalur.

“Kemudian dapat kami sampaikan juga, bukan hanya bantuan itu saja, bahwa kami juga akan mendapatkan bantuan keuangan untuk penataan taman jalur. Mudah-mudahan tahun depan ini bisa diresmikan,” jelasnya.

Oleh karna itulah, Sekda Kuansing, Dedy Sambudi, mengapresiasi kepedulian Pemprov Riau untuk memajukan festival kebudayaan Pacu Jalur. Dengan diberikan bantuan tersebut, dirinya beserta jajaran berkomitmen ke depannya akan selalu meningkatkan kualitas Kabupaten Kuansing.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur dan Pemerintah Provinsi Riau atas bantuannya untuk kemajuan Kuantan Singingi. Semoga nanti ke depannya budaya pacu jalur ini dapat semakin kita tingkatkan lagi,” ujarnya.

Sementara, Gubri Edy Natar Nasution, menerangkan Pemprov Riau selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas daerah-daerah yang ada di bumi lancang kuning. Ia menambahkan, tentu saja bantuan yang diberikan sesuai dengan kemampuan provinsi.

“Memang ada beberapa yang sudah diupayakan dari provinsi untuk membantu bagaimana pelaksanaan ini semakin hari semakin berkualitas. Tentu memang dengan kemampuan kita yang terbatas, kita mencoba sedikit demi sedikit untuk bagaimana pariwisata yang ada di Kuantan Singingi ini khususnya pacu jalur ini semakin diminati,” terangnya.

“Bahkan mungkin event ini akan lebih dikenal sampai ke tingkat yang lebih besar lagi. Itulah sebabnya kenapa dari provinsi juga berupaya untuk memberikan bantuan walaupun tidak seberapa. Karena memang bantuan ini akan kita berikan secara merata juga kepada beberapa daerah di 12 Kabupaten/kota yang juga tentu membutuhkan hal yang sama,” pungkasnya.

(MC Riau/BIB

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bawaslu Kuansing Buka Posko dan Hotline Pengaduan

Sabtu, 23 Desember 2023 | 19:18:00 WIB

Kunker ke Kuansing, Gubri ajak Masyarakat Salat Berjamaah

Sabtu, 09 Desember 2023 | 08:14:48 WIB

Remaja di Kuansing Tenggelam di Sungai Indragiri

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 07:12:00 WIB