Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Jenderal Bintang 2 Ini Bangun Jam 3 Pagi Cari Mesjid dengar Keluhan Warga

Pelalawan - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bangun tidur jam 03.00 Wib lalu mencari mesjid ke Jalan Batu Ampar, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan Jumat (5/1). Iqbal menempuh perjalanan sekitar 1 jam lebih untuk sampai ke lokasi.

Sesampai di sana, jenderal bintang 2 itu menjalankan salat subuh berjamaah dengan warga di Masjid Al Azhim. Kemudian, Iqbal menjadi tempat dialog dengan masyarakat Pelalawan dalam progam 'Jumat Curhat'.

Tak sendirian, Iqbal didampingi para Pejabat Utama (PJU) Polda Riau, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, serta beberapa tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Kepada Iqbal, masyarakat menyampaikan beragam keluhan dan aspirasi terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah mereka.

Salah satu masyarakat bernama Alim Toha dari Kecamatan Langgam mengutarakan kesulitan akibat tingginya debit air banjir. Alim memohon bantuan kemanusiaan, dan transportasi penyeberangan.

Sementara warga lainnya, Zulkilfi membahas kemacetan lalu lintas di Pangkalan Kerinci dan meminta penjelasan terkait jam kerja anggota Polri.

Iqbal tersenyum dan menanggapi dengan santai soal keluhan warga. Dia mengaku akan memerintahkan kapolres setempat untuk menjalankan keluhan warga.

"Jadi hari ini program Jumat Curhay saya laksanakan di Pelalawan. Terkait keluhan warga, saya perintahkan seluruh kapolres untuk memberikan bantuan kemanusiaan apabila terjadi bencana di daerahnya," kata Iqbal.

Iqbal juga memerintahkan kepada instansi terkait, serta satker polda seperti Dir Samapta, Dansat Brimob, dan Dir Pol Airud, dipinta untuk memantau situasi di Kec. Langgam terkait tingginya debit air.

"Apabila debit air meningkat maka segera turunkan personel di lokasi tersebut," kata Iqbal.

Terkait jam kerja anggota Polri, Iqbal menjelaskan pola tugas personel yang responsif terhadap situasi. Namun apabila situasi tidak normal, kata Iqbal, maka kepolsian bisa turun kapan saja bahkan tidak pulang sekalipun.

Selain itu, Kapolda juga mengingatkan para pejabat kepolisian di tingkat daerah untuk meningkatkan pelaksanaan tugas. "Terutama kepada Kapolres agar lebih fokus dalam pelayanan masyarakat," jelasnya.

Sementara untuk keluhan warga terkait laporan atau pengaduan masyarakat ke polisi, Iqbal mengatakan masyarakat diberitahu bahwa mereka dapat melaporkan keluhan terkait disiplin dan kewenangan anggota Polri kepada Propam.

Dalam kegiatan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan konkret, termasuk bantuan kemanusiaan untuk wilayah terdampak banjir, peningkatan patroli di wilayah rawan kemacetan, dan tindakan tegas terhadap gangguan Kamtibmas.

"Diharapkan, sinergi antara masyarakat dan kepolisian akan semakin kuat, menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Pelalawan," pungkas Ketua Alumni Akpol 1991 itu.

Sementara itu, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Riau beserta rombongan yang telah berkunjung di Masjid Al-Azhiim Kota Pangkalan Kerinci.

"Saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda Riau, Irjen Pol Mohamad Iqbal beserta rombongan dalam acara sholat Subuh berjamaah sekaligus Jumat Curhat bersama masyarakat Kota pangkalan Kerinci. Saya berharap permasalahan yang sedang terjadi di Kota Pangkalan Kerinci dapat kita tampung guna mencari solusinya," ujar Suwinto. (MC Riau/ASN

(Mediacenter Riau/asn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB