Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
UNRI Tingkatkan Mutu Penelitian dan Pengabdian

PEKANBARU - Universitas Riau (UNRI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menaja kegiatan pelatihan bagi calon reviewer internal UNRI tahun 2024. Kegiatan pelatihan yang di gelar selama dua hari mulai dari tanggal 30-31 Januari 2024 ini, diikuti oleh 47 orang peserta yang terdiri dari unsur dosen di lingkungan UNRI yang  dilaksanakan di aula lantai II gedung LPPM UNRI.

Ketua LPPM UNRI, Prof Dr Mubarak MSi, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari masukan dosen internal UNRI untuk melakukan pelatihan bagi reviewer. Artinya, UNRI ingin memberikan menyamakan persepsi untuk kemajuan Universitas ini, ungkap Mubarak.

“Ada beberapa hal yang ingin kita capai dari kegiatan pelatihan ini, pertama memberikan pemahaman dalam arah dan kebijakan dari pelaksanaan penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan di UNRI, menyamakan persepsi dalam melakukan review dalam kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan di UNRI, serta untuk memberikan jaminan mutu dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian di Universitas Riau,” ujar Mubarak, Selasa (30/1). 

Lebih lanjut, Mubarak, mengatakan semoga dengan terlaksananya kegiatan ini kita tentunya optimis dapat menentukan arah serta memberikan jaminan kualitas pelaksanaan penelitian dan pengabdian yang berkualitas, melalui tata kelola yang baik guna mewujudkan visi universitas yang telah ditetapkan, lanjutnya.

Sementara itu, Rektor UNRI yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mexsasai Indra SH MH mengatakan, reviewer merupakan bagian penting dari unsur peningkatan ilmu pengetahuan. 

"Reviewer merupakan bagian penting dari unsur peningkatan ilmu pengetahuan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Mexsasai.

Selain memiliki kompetensi secara akademik dalam bidang keilmuan yang dimiliki, tentunya Bapak Ibu semua yang menjadi calon reviewer ini telah memiliki berbagai pengalaman di bidang publikasi ilmiah, pemakalah dalam seminar ilmiah, menulis bahan ajar, memiliki Kekayaan Intelektual (KI), pengalaman sebagai tim ahli atau tim penugasan kegiatan penelitian serta pengabdian kerja sama, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut "Dari beberapa hal itulah, reviewer merupakan unsur yang melaksanakan penjaminan mutu pada setiap tahapan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan suatu institusi, khususnya Universitas Riau,” kata Mexsasai.

“Karenanya, kami selaku pimpinan Universitas Riau berharap, agar reviewer internal Universitas bisa menjadi garda terdepan dalam menghasilkan karya penelitian dan pengabdian yang kontributif untuk kemajuan bangsa,” tutup Mexsasai. (MC Riau/IKN

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )