Kamis, 12 Muharram 1446 H | 18 Juli 2024
Satreskrim Polres Inhu Pantau Harga Pangan dan Peredaran Upal Jelang Pemilu

INHU- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau, melakukan pemantauan harga pangan dan peredaran uang palsu (upal) di pasar rakyat Kota Rengat, Rabu (31/1/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Inhu, AKP Primadona, didampingi sejumlah personel Satreskrim Polres Inhu.

Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai gejolak di tengah-tengah masyarakat, dampak kenaikan harga pangan dan peredaran upal di pasar rakyat Kota Rengat.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok, serta mengantisipasi adanya oknum-oknum tertentu yang melakukan penimbunan bahan pokok dengan maksud agar bahan kebutuhan pokok tersebut menjadi langka, sehingga dimanfaatkan oleh oknum itu untuk menaikkan harga," kata Dody.

Selain itu, para pedagang juga diminta hati-hati dan selalu waspada terhadap peredaran upal. Ada beberapa cara praktis untuk mengetahui keaslian uang, yakni dengan menerapkan 3D, dilihat, diraba, dan diterawang.

"Selama pemantauan di pasar, para pedagang memberikan respon positif dan apresiasi pada Satreskrim Polres Inhu. Pedagang berjanji tidak akan menaikan harga bahan kebutuhan pokok dan melaporkan ke Polres Inhu jika ada oknum pedagang nakal serta peredaran upal," ujar Dody.

Di sisi lain, Dody meminta seluruh personel pengamanan tahapan Pemilu 2024 saat melaksanakan tugas di lapangan memfouskan pada 5 poin perintahnya. 

Pertama, personel diminta untuk meningkatkan keimanan pada Tuhan Yang Maha Esa agar tugas pengamanan menjadi amal ibadah bagi semua.

"Kedua, pastikan semua perlengkapan pribadi, Sarpras dan penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung kegiatan pengamanan. Ketiga, laksanakan pengamanan dengan penuh tanggung jawab, humanis, dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel," kata Dody.

Kemudian poin yang keempat, pimpinan tiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan, guna melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing. Selanjutnya yang terakhir, lakukan pengaturan jadwal pengaman, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi prima.

(Mediacenter Riau/asn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ini 5 Posko Mudik Lebaran di Inhu

Kamis, 04 April 2024 | 17:10:20 WIB

Pemprov Riau Safari Ramadan di Indragiri Hulu

Selasa, 02 April 2024 | 21:22:22 WIB

Personel Kodim 0302 Inhu Meninggal saat Pleno KPU Inhu

Kamis, 29 Februari 2024 | 18:40:26 WIB