Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Ilustrasi

PEKANBARU - Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Riau menjadi perhatian serius dari Pemprov Riau. Hingga saat ini Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Sosial sudah menyalurkan berbagai bantuan kepada warga Riau yang terdampak banjir. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Zulfadli, Kamis (1/2/2024) mengatakan, total bantuan beras yang diberikan kepada warga terdampak banjir sudah mencapai 26.500 kilogram.

"Kemudian untuk gula pasir 3.650 kilogram dan minyak goreng sebanyak 4.008 liter," katanya.

Sementara untuk perlengkapan bayi sebanyak 498 paket. Masing-masing disalurkan untuk Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Pelalawan.

"Sedangkan untuk telur ayam yang sudah kita salurkan sebanyak 41.000 butir untuk 7 Kabupaten. Diantaranya Kabupaten Rohil, Rohul, Bengkalis, Meranti, Inhil, Inhu dan Kuansing," ujarnya.

Selain bantuan tersebut, pihaknya juga memberikan bantuan kebutuhan air minum kepada warga yang terdampak banjir. Khususnya yang mengungsi dan tinggal di tenda-tenda pengungsian.

"Total air mineral gelas yang sudah kita salurkan sebanyak 350 kotak untuk 7 Kabupaten, yakni kabupaten Rohil, Rohul, Bengkalis, Meranti, Inhil, Inhu dan Kuansing," ujarnya.

Zulfadli menegaskan, bantuan sembako, perlengkapan bayi dan air minum tersebut merupakan dari Pemprov Riau yang dananya bersumber dari APBD Riau.

Selain dari APBD Riau, korban banjir di Riau juga sudah mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah pusat. Ada yang diberikan dalam bentuk makanan, perlengkapan tidur dan saranan pendukung untuk pengungsian.

Hingga saat ini bantuan makanan siap saji untuk korban banjir di Riau yang bersumber dari APBN sudah mencapai 3.800 paket.

"Kemudian tenda gulung sebanyak 290 lembar, kasur merah 245 lembar dan family kit 150 paket," ujarnya.

Selain itu, pemerintah pusat melalui dana APBN juga mengirimkan bantuan peralatan dapur umum keluarga. Totalnya sebanyak 60 paket.

"Itu untuk 5 Kabupaten yakni Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan," katanya.

Selain melalui dinas sosial, bantuan dari pemerintah pusat juga ada yang disalurkan melalui dinas kesehatan Provinsi Riau. Yang terbaru, Pemerintah pusat mengirimkan bantuan makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil korban banjir di Riau.

"Alhamdulillah bantuan PMT sudah datang dan sudah kita terima dari Kemenkes. Bahkan sebagian bantuan tersebut sudah kita salurkan ke daerah terdampak banjir," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto.

Pria yang akrab disapa dr Ibeng ini mengatakan, usulan bantuan makanan tambahan itu lantaran kabupaten kota terdampak banjir meminta bantuan PMT untuk balita dan ibu hamil.

Ibeng menjelaskan, bantuan tambahan makanan balita dan ibu hamil itu sudah di distribusikan ke daerah terdampak banjir, seperti Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, dan terakhir di Kabupaten Rokan Hilir.

"PMT balita dan ibuk hamil itu seperti biskuit susu. Untuk jumlah bantuan yang kita terima saya tidak ingat datanya. Yang jelas usulan kita sudah direspon Kemenkes, karena ketersediaan di pusat masih ada," sebut Ibeng.

Sebab selain obat-obatan, saat ini balita dan ibu hamil di kabupaten kota terdampak banjir membutuhkan bantuan makanan tambahan.

"Karena kemarin usulan kita tidak hanya untuk daerah yang mengusulkan. Tapi daerah yang belum mengusulkan juga kita masukan dalam usulan permintaan ke Kemenkes, karena untuk jaga-jaga sewaktu-waktu ada daerah yang membutuhkan," katanya. 

 

 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Semangat World Water Forum ke-10

Sabtu, 18 Mei 2024 | 22:50:25 WIB

Pasien TBC Bisa Sembuh Asal Teratur Minum Obat

Kamis, 16 Mei 2024 | 16:27:58 WIB

Kabar Gembira, Berobat TBC di RSJ Tampan Gratis

Kamis, 16 Mei 2024 | 12:11:54 WIB