Rabu, 9 Syawwal 1445 H | 17 April 2024

BANGKINANG - Mewakili Gubernur Riau, Asisten I Setda Riau, Zulkifli Syukur mengikuti rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kampar Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke-74, yang diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Kampar, Selasa (6/2/24). 

Rapat Paripurna Istimewa tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupten Kampar Muhammad Faisal dan dihadiri Gubernur Riau 1998-2023 Brigjen TNI (Purn) H. Saleh Djasit, DPR RI Syahrul Aidi Ma’azat, Anggota DPD RI H. Edwin Putra dan Misharti, serta tamu undangan lainnya. 

Dalam HUT Kabupaten Kampar Ke -74 ini mengusung tema bersatu membangun negeri dalam peningkatan Sumber Daya Manusia, Penguasaan Ilmu dan Tehnologi, ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan pembangunan serta pemantapan ketahanan pangan dan tata kelola pemerintahan Slsesuai visi Indonesia 2045.

Adapun tema ulang tahun Kabupaten Kampar ke- 74 tahun 2024 adalah Kampar makin melaju, menuju indonesia emas tahun 2045, dua kalimat ini merupakan representasi dari kesiapan pemerintah Kabupaten Kampar dalam menghadapi indonesia emas tahun 2045.”Kata Hambali saat memberikan sambutan.

 Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Riau Zulkifli Syukur saat membacakan sambutannya dari Gubernur Riau mengatakan bahwa Pada tanggal 06 Februari 2024 ini, Kabupaten Kampar tepat berusia 74 tahun. 

Zulkifli Syukur menyebutkan, Kabupaten Kampar telah melalui perjalanan yang cukup panjang, dan telah menorehkan sejarah dalam pembangunan. 

Jelasnya, dalam perjalanannya, para pemangku amanah beserta segenap masyarakat Kabupaten Kampar telah banyak merasakan pahit getir dan manisnya perjuangan membangun Kabupaten Kampar. 

 “Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sampaikan do’a kepada para pendiri dan pemangku amanah terdahulu, atas jasanya dalam membangun Kabupaten Kampar yang kini semakin maju dan berkembang,” ucap Zulkifli. 

Asisten I Setda Riau tersebut memaparkan bahwa pertumbuhan ekonomi Riau pada Triwulan III tahun 2023 terhadap Triwulan III tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 4,02 persen (y-on-y). Secara spasial, pada Triwulan III tahun 2023 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 4,95 persen terhadap perekonomian nasional.  

Provinsi Riau merupakan Provinsi dengan PDRB terbesar Ke-6 di Indonesia atau PDRB terbesar Ke-2 di luar Pulau Jawa. Sedangkan untuk tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kampar tahun 2022 sebesar 4,83% (di atas pertumbuhan Provinsi) dan untuk IPM Kabupaten Kampar menduduki peringkat ke-enam dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya, dengan IPM Kabupaten Kampar tahun 2023 sebesar 75,59 (kategori tinggi). 

 Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Kampar senantiasa berupaya meningkatkan ketersediaan dan perbaikan infrastruktur yang ada, guna peningkatan kenyamanan Masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,91 Milyar pada tahun 2023 yang diperuntukkan untuk Kabupaten Kampar berupa Bantuan Keuangan Khusus, yaitu Pembangunan Rumah Sederhana Layak Huni sebanyak 96 unit. 

“Atas nama Gubernur Riau dan Pemerintah Provinsi Riau, saya mengucapkan Tahniah Kabupaten Kampar yang Ke-74, semoga pertumbuhan ekonomi semakin meningkat dan Kampar Makin Melaju Menuju Indonesia Emas Tahun 2045, ”ucap Zulkifli. 

Sementara itu, Pj Bupati Kampar memaparkan bahwa dengan mengusung tema tersebut, pemerintah Kabupaten Kampar telah sejalan dengan prioritas pembangunan nasional yakni transformasi sosial, transformasi ekonomi transformasi tata kelola dan transformasi prasarana dasar sebagai mana tertuang dalam rencana pembangunan jangka panjang nasional tahun 2025-2045.

Hambali menyebutkan, dalam mewujudkan indonesia emas tahun 2045, Pemerintah Kabupaten Kampar telah membagi arah kebijakan pembangunan menjadi 4 (empat) tahapan antara lain tahap pertama tahun 2025-2029 yakni penguatan Pondasi transformasi, tahap kedua tahun 2030-2034 melalui percepatan transformasi, tahap ketiga tahun 2035-2039 dengan penguatan transformasi dan tahap keempat tahun 2040-2045 adalah perwujudan kampar maju.

Pj Bupati Kampar juga menyampaikan, Visi Kabupaten Kampar yang tertuang pada rencana pembangunan daerah kabupaten kampar tahun 2023-2026 adalah Kabupaten Kampar Negeri Berbudaya, Berdaya, Dalam Lingkungan Masyarakat Agamis Tahun 2025, dengan misi.

Yakni Mewujudkan pembangunan nilai budaya masyarakat kampar yang menjamin sistem bermasyarakat dan bernegara untuk menghadapi tantangan global, meningkatkan manajemen dan kemampuan aparatur dalam mengelola aset daerah dan pelayanan masyarakat.

Kemudian meningkatkan kualitas SDM yang sehat, taat hukum, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan beriman, bertaqwa yang berwawasan ke depan, Mengembangkan ekonomi rakyat yang berbasis pada sumberdaya lokal dengan orientasi pada agribisnis, agroindustri, dan pariwisata serta mendorong pertumbuhan investasi secara terpadu dan terkait antara swasta, masyarakat, dan pemerintah yang berskala lokal, regional, nasional maupun internasional.

"Terakhir mewujudkan pembangunan kawasan seimbang yang dapat menjadi kualitas hidup secara berkesinambungan," ucapnya. 

Selanjutnya, Hambali mengajak seluruh instansi, elemen masyarakat, partai politik maupun calon peserta pemilu di Kabupaten Kampar untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu 2024 aman, damai dan sukses.

“Tahapan demi tahapan Pemilu 2024 telah dimulai, kami mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kampar untuk menyambut pesta demokrasi ini dengan aman, damai, dan kondusif, agar pelaksanaan Pemilu 2024 di Serambi Mekahnya Provinsi Riau ini dapat berjalan lancar, sehingga Pemilu 2024 dapat terpilih pemimpin yang terbaik untuk membangun Indonesia dan Kabupaten Kampar yang lebih maju di masa yang akan datang,” harap Hambali

“Selamat Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke -74 Kampar Makin Melaju Menuju Indonesia Emas Tahun 2045," lanjutnya. 

Seiring dengan hal tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang dan pendiri Kabupaten Kampar atas kontribusinya dalam memajukan Kabupaten Kampar. 

“Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua para pejuang pembentukan, perintis dan pendiri Kabupaten Kampar yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian kemajuan pembangunan di Kabupaten Kampar sehingga menjadi seperti saat ini,” ucap Faisal 

Faisal juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, dengan komitmen yang sungguh-sungguh dan semangat kebersamaan, Kampar Makin Melaju menuju indonesia Emas 2045.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pemkab Kampar Akan Lakukan Pasar Murah Selama Ramadan

Senin, 18 Maret 2024 | 15:02:23 WIB