Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Bertemu Gubri, YKKS Pekanbaru Sampaikan Program Pendirian SMK Seni dan Budaya di Kuansing

PEKANBARU - Yayasan Kepedulian Kampung Sejahtera (YKKS) Pekanbaru akan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Seni dan Budaya. Ini bertujuan untuk menjaga, melestarikan, dan menyalurkan bakat, seni, budaya, dan adat yang ada di Kota Jalur. 

Adapun lokasi pendirian sekolah seni dan budaya tersebut beralamat di Jalan Proklamasi Sungai Jering, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Lebih tepatnya, SMK Seni dan Budaya itu akan ditempatkan di gedung Limbago Adat Nagori (LAN) yang dahulunya merupakan kantor SRDP. 

Saat ini, YKKS Pekanbaru tengah mengurus perizinannya di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, agar niat pendirian SMK Seni dan Budaya tersebut bisa terwujud dalam waktu dekat, sehingga proses belajar mengajar ditahun 2024 dapat berjalan. 

Agar proses pendirian SMK Seni dan Budaya tersebut dapat berjalan lancar dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, YKKS Pekanbaru melakukan audiensi dengan Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution, Senin (12/2). 

Gubri, Edy Nasution mengapresiasi dan mendukung didirikannya SMK Seni dan Budaya di Kabupaten Kuansing. Menurutnya, pendirian sekolah tersebut dalam rangka memberdayakan budaya lokal yang ada di Bumi Lancang Kuning khususnya di Kuansing, sehingga tidak semakin tergerus oleh perkembangan zaman. 

"Saya selaku Gubernur Riau sekaligus pribadi setuju (didirikannya SMK Seni dan Budaya), karena itu pasti niatnya baik, dan tujuannya bagaimana memberdayakan budaya lokal yang ada didaerah kita. Sehingga nilai-nilai budaya lokal bisa dipelihara dan dikembangkan. Saya kira ini sebuah pariwisata yang harus dibangun dan dipertahankan," jelas Gubri. 

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang (Kabid) SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Arden Simeru. Ia mengaku akan mendukung YKKS Pekanbaru dalam mengurus perizinan pendirian SMK Seni dan Budaya. 

"Kalau masalah perizinan nanti kita akan support. Pada prinsipnya kami mendukung (pendirian SMK Seni dan Budaya). Apa yang menjadi kekurangan kita nantinya akan kita komunikasikan lagi," imbuh Arden. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Kepedulian Kampung Sejahtera (YKKS) Pekanbaru, Arman Lingga Wisnu merasa bangga dan terhormat, sebab dapat diterima dan disupport oleh orang nomor satu di Riau. Ia berharap, dengan mendapatkan dukungan dari Gubri, pendirian SMK Seni dan Budaya di Kuansing segera terwujud. 

Selain itu, Arman Lingga juga menyebut, pendirian SMK Seni dan Budaya ini bertujuan untuk menampung aspirasi masyarkat Kuansing di bidang seni dan budaya. Apalagi, daerah Kuansing dinilai mempunyai banyak destinasi objek wisata dan pariwisata yang menjadi andalan Provinsi Riau. 

Sebagai anak negeri, ia merasa wajib untuk menjaga, melindungi, mengembangkan, hingga memasyarakatkan nilai-nilai budaya luhur yang ada di Bumi Lancang Kuning khususnya di Kota Jalur kepada generasi muda, yang saat ini dipandang semakin acuh dengan hal tersebut. 

"Kami sangat bangga dan merada terhormat bisa disupport dan disambut oleh pak gubernur. Jika SMK Seni dan Budaya ini terselenggara, maka Kabupaten Kuansing merupakan satu-satunya daerah yang memiliki sekolah seni dan budaya di Provinsi Riau," imbuhnya. 

(MC Riau/NV)

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Baznas Riau Terima Zakat Maal Awal Bros Rp750 Juta

Rabu, 03 April 2024 | 15:43:14 WIB

Riau Peringkat Kedua dengan NTP Tertinggi di Sumatera

Selasa, 02 April 2024 | 07:54:38 WIB

Pasar Murah Senjata Ampuh Atasi Inflasi

Selasa, 02 April 2024 | 05:24:22 WIB

NTP Provinsi Riau Naik 3,98 Persen Pada Maret 2024

Senin, 01 April 2024 | 16:20:44 WIB

Mahasiswa Administrasi Niaga Polbeng Sukses Gelar AGC

Sabtu, 30 Maret 2024 | 18:59:40 WIB