Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Bangun Yayasan Calon Kader TNI Hafal Alquran, Gubri: Bisa Jadi Satu-satunya di Indonesia

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution telah membangun sebuah yayasan Darul Quran Khairunnas Riau dengan tujuan mempersiapkan calon TNI yang hafal Alquran.

Yayasan tersebut terletak di kawasan Taman Gembira Durilengkeng, Jalan Karya Bersama, Kecamatan Tenayan Raya (Simpang BPG) Kota Pekanbaru.

Orang nomor satu di Bumi Melayu Lancang Kuning ini menjelaskan bahwa kata Khairunnas mempunyai arti manusia terbaik. Di sisi lain kata tersebut juga bagian dari singkatan nama kedua orang tuanya.

"Selain mempunyai arti manusia terbaik juga singkatan dari nama mendiang ibu dan ayah saya," kata Edy Nasution, Selasa (13/2/2024).

"Sengaja memang nama itu saya abadikan di yayasan ini," tambahnya.

Pembangunan yayasan tersebut sudah selesai, mulai dari asrama, tempat belajar, masjid, bahkan tempat pengasuh siswa pun sudah disiapkan dan semua fasilitas di dalamnya juga sudah lengkap.

Gubri Edy Nasution berpendapat bahwa yayasan untuk mempersiapkan calon kader TNI yang hafal Alquran bisa jadi hanya ada satu-satunya di Indonesia.

“Saya rasa ini satu-satunya di Indonesia,” ujarnya.

Terangnya, upaya yang dilakukan untuk membangun kader TNI yang tidak hanya unggul dalam bidang militer, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai keagamaan. Maka dari itu harus didukung bersama-sama.

"Agar langkah positif memperkuat moral dan membentuk personel penghafal Alquran bisa terwujud," imbuhnya.

Dikatakan mantan Komandan Korem 031/Wira Bima ini, dalam tiga tahun ke depan Yayasan Daarul Qur'an Khairunnas Riau akan mendidik 20 orang anak dimana pada tahun pertama dan kedua hanya menerima 7 orang, kemudian tahun ketiga 6 orang.

Ia menegaskan bahwa ketika penerimaan siswa akan dilakukan seleksi yang ketat sesuai dengan seleksi taruna akademi militer baik itu Angkatan Laut, Angkatan Darat maupun Angkatan Udara.

"Selain itu, adapun syarat lainnya antara lain kesehatan, akademis, psikologi dan hafalan Al Quran nya minimal 10 Juz. Minimal 10 juz, dalam tiga tahun melaksanakan pendidikan, harapan kita bertambah lagi 20 Juz," pungkasnya.

Kemudian ia berharap siswa yang didik dalam yayasan tersebut nantinya bisa belajar di SMA Plus Provinsi Riau. Artinya siswa yang diterima di Yayasan Daarul Qur'an Khairunnas Riau akan tercatat di SMA Plus.

(Mediacenter Riau/sam)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )