Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Tingkatkan SDM Berkualitas di Riau, Berikut Upaya Gubri Edy Nasution
Gubernur Edy Nasution menjadi inspektur upacara di SMAN Plus Provinsi Riau, Senin (19/2/2024). 

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di Bumi Lancang Kuning untuk mencetak calon-calon pemimpin di masa yang akan datang. 

Salah satunya, pada tahun pembelajaran 2024-2025 nanti, Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution telah merencanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN Plus Provinsi Riau dengan menyiapkan generasi bersifat khusus. 

Adapun tujuannya yaitu mencetak calon-calon siswa yang hafal Alquran 30 juz, yang harapannya setelah selesai akan mengikuti pendidikan di Akademi Militer, baik di Akademi Angkatan Laut, Angkatan Darat, maupun Angkatan Udara. 

"Jumlahnya tidak banyak, angkatan pertama 7 siswa, angkatan kedua 7 siswa, dan angkatan ketiga 6 siswa," kata Edy Nasution di SMAN Plus Provinsi Riau, Senin (19/2/2024). 

Terangnya, siswa yang terpilih nantinya akan ikut menjadi bagian dari siswa SMAN Plus Provinsi Riau. Mereka akan dididik di lingkungan SMA Plus dengan pola khusus, yang diharapkan ketika tamat akan menjadi penghafal 30 juz Alquran.

"Untuk pola pengasuhannya saat ini sedang diformulasikan, namun kita harapkan dengan upaya yang dilakukan ini setiap tahunnya dari SMAN Plus lahir generasi yang hafal 30 juz, memiliki pendidikan akademis yang sama dengan yang lainnya," ujarnya. 

Orang nomor satu di Riau itu mengaku untuk mewujudkan rencana tersebut tentu memerlukan persiapan-persiapan yang lebih baik ke depannya. 

"Jika terwujud tentu SMAN Plus Provinsi Riau menjadi SMAN satu-satunya di seluruh Indonesia ini yang memiliki program tersebut dalam rangka meningkatkan SDM yang berkualitas," ucapnya.

Ia berharap program yang bersifat khusus dengan melibatkan Yayasan Daarul Qur'an Khairunnas Riau dengan SMAN Plus Provinsi Riau bisa segera terwujud. 

"Harapkan kita dengan program ini, siswa-siswa kita yang dididik secara khusus tadi di SMA ini dalam kondisi siap untuk mengikuti pendidikan di Akademi Militer dan mempunyai hapalan 30 Juz," terangnya. 

"Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan kita ke depan ini bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya. 

Sebelumnya Gubri Edy Nasution mengatakan bahwa siswa yang diterima di Yayasan Daarul Qur'an Khairunnas Riau akan tercatat di SMA Plus. Adapun jumlahnya setiap angakatan pertama 7, angkatan kedua 7, dan angkatan ketiga 6 siswa. 

"Total nantinya ada 20 siswa yang dilakukan pembinaan," terangnya. 

Dijelaskan Gubri bahwa siswa yang diterima di yayasan tersebut, paginya mereka diantar pakai kendaraan operasional ke sekolah dan mereka berinteraksi dengan temannya di SMAN Plus sampai selesai pembelajaran. 

Setelah itu pulangnya akan dijemput kembali menggunakan kendaraan operasional. Kemudian di yayasan nantinya nanti akan dilanjutkan dengan pembinaan untuk hafalan Alquran nya. 

Ia menegaskan bahwa ketika penerimaan siswa akan dilakukan seleksi yang ketat sesuai dengan seleksi taruna akademi militer, baik itu Angkatan Laut, Angkatan Darat, maupun Angkatan Udara. 

Adapun syarat lainnya antara lain kesehatan yang bagus, akademisnya bagus, psikologinya bagus, dan hafalan Alquran minimal 10 Juz dengan harapan selama pendidikan nantinya bertambah lagi hapalannya 20 Juz sehingga saat lulus telah hapal 30 Juz.

(Mediacenter Riau/sam)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Baznas Riau Terima Zakat Maal Awal Bros Rp750 Juta

Rabu, 03 April 2024 | 15:43:14 WIB

Riau Peringkat Kedua dengan NTP Tertinggi di Sumatera

Selasa, 02 April 2024 | 07:54:38 WIB

Pasar Murah Senjata Ampuh Atasi Inflasi

Selasa, 02 April 2024 | 05:24:22 WIB

NTP Provinsi Riau Naik 3,98 Persen Pada Maret 2024

Senin, 01 April 2024 | 16:20:44 WIB

Mahasiswa Administrasi Niaga Polbeng Sukses Gelar AGC

Sabtu, 30 Maret 2024 | 18:59:40 WIB