Rabu, 9 Syawwal 1445 H | 17 April 2024
Pemkab Meranti Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Konsul Malaysia

PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menjajaki peluang-peluang kerja sama di bidang ekonomi, seperti perdagangan internasional maupun investasi. Hal itu terungkap saat Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar melakukan mengunjungi Kantor Konsulat Malaysia di Pekanbaru, Rabu (21/2/2024).

Plt Bupati Asmar disambut hangat oleh Konsul Malaysia di Pekanbaru Mohammed Hosnie Shahiran bin Ismail. Pertemuan dan audiensi itu berlangsung di Bilik Hang Jebat Kantor Konsulat Malaysia.

Asmar menyampaikan terima kasih atas sambutan dan waktu yang diberikan. Dia juga memaparkan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Kami berharap ada peluang kerja sama ekonomi yang bisa dilakukan. Dengan harapan perekonomian di daerah kami bisa berkembang," kata Asmar.

Dia menjabarkan beberapa komoditas unggul yang dimiliki oleh Kepulauan Meranti, seperti sagu, kopi, an kelapa. Ditambah lagi, jarak antara daerah yang dipimpinnya dengan Malaysia tidak terlalu jauh, sehingga sangat terbuka peluang untuk perdagangan internasional.

"Dengan pertemuan ini kami berharap perdagangan lewat ekspor-impor bisa lebih meningkat, langsung dari Meranti ke Malaysia," ujarnya.

Tak hanya itu, Asmar juga menjelaskan wilayah yang ia pimpin sangat terbuka dan membutuhkan investasi dalam berbagai bidang. Untuk itu, tidak menutup kemungkinan masuknya investor dari Malaysia.  

"Tahun 2024 ini kami akan membangun pelabuhan internasional, tentunya ini akan semakin memudahkan akses internasional ke Meranti," sebut Asmar.

Terakhir, Plt Bupati Meranti itu turut meminta Pemerintah Malaysia melalui Konsulat di Pekanbaru untuk melindungi dan menjamin keselamatan warganya yang bekerja di Malaysia.

"Ada lebih kurang 6000 warga kami yang bekerja di Malaysia. Ini kami mohon bisa dibantu keselamatan dan kesejahteraannya," harap Asmar.

Sementara itu, Konsul Malaysia di Pekanbaru Mohammed Hosnie Shahiran bin Ismail menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bupati Kepulauan Meranti itu.

"Ini kunjungan hormat yang amat mesra, kami telah berbincang bagaimana Meranti dan Malaysia bisa meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang ekonomi, akan kite teruskan," sebutnya.

Mohammed Hosnie juga berkomitmen menyampaikan daftar produk-produk yang berpotensi untuk diekspor ke Malaysia. Termasuk pihak-pihak yang berkaitan dengan pemerintah Malaysia. 

"Kita berharap supaya Malaysia dan Indonesia dalam hal ini Meranti, bukan hanya dapat meningkatkan hubungan antara rakyatnya saja, tapi juga hubungan perdagangan internasional dan ekonomi," jelasnya. (Mc Riau/bgs)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

1.167 CJH Kota Pekanbaru Ikuti Manasik Haji Perdana

Rabu, 17 April 2024 | 08:24:21 WIB

Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

Selasa, 16 April 2024 | 09:26:51 WIB