Rabu, 9 Syawwal 1445 H | 17 April 2024

PEKANBARU - Meski sejumlah wilayah di Riau masih ada yang dilanda banjir, namun ada beberapa daerah di Riau yang justru mengalami kekeringan. Bahkan sudah ditemukan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kepala Bidang Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Ghofur, Jum'at (23/2/2024) mengatakan, meski sebagian daerah banjir masih ada dan sudah mulai surut. Tapi beberapa daerah mulai muncul kebakaran lahan. 

"Ini terjadi karena wilayah pesisir Riau sudah mulai panas. Kondisi ini dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab membakar lahan," katanya.

Jim mengatakan, dari laporan yang diterima BPBD Riau, di Dumai memang sudah ditemukan titik Karhutla.

Bahkan sudah ada daerah di Riau yang menetapkan status siaga darurat Karhutla. 

Meski tidak luas dan sudah bisa ditangani oleh petugas, namun temuan ini harus diwaspadai. Pihaknya pun mengapresiasi langkah cepat Pemko Dumai yang bergerak cepat dalam menetapkan status siaga darurat Karhutla.

"Sudah ada satu kabupaten kota di Riau yang sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla, yakni Kota Dumai. Suratnya sudah kita terima," katanya.

Dengan demikian, maka Dumai menjadi daerah pertama di Riau yang menetapkan status siaga darurat Karhutla pada tahun 2024 ini.

Selain di Dumai, sebelumnya BPBD Riau juga mendapatkan laporan ada temuan titik Karhutla di wilayah pesisir Provinsi Riau.

Seperti Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Siak. Hanya saja kebakaran baru skala kecil dan masih bisa dipadamkan melalui jalur darat. 

Jim mengatakan, selain Dumai, beberapa daerah yang sudah ada terjadi kebakaran adalah Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Siak.

"Tapi sudah berhasil dipadam, karena luas lahan terbaik tidak banyak. Namun kondisi ini kita harus cepat diantisipasi, karena kita tak ingin setelah banjir muncul Karhutla, makanya kami imbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar," sebutnya. 

Untuk itu, pihaknya mendorong agar kabupaten yang saat ini sudah ada terjadi kebakaran untuk segera menetapkan status siaga, agar koordinasi dan penanganan kebakaran bisa lebih maksimal. 

"Kalau siaga Karhutla provinsi kita menunggu kabupaten kota. Ada dua daerah menetapkan status siaga, kita langsung bahas dengan instansi terkait lainnya untuk diusulkan ke pimpinan penetapan status siaga Karhutla," ujarnya. 

 

 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

1.167 CJH Kota Pekanbaru Ikuti Manasik Haji Perdana

Rabu, 17 April 2024 | 08:24:21 WIB

Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

Selasa, 16 April 2024 | 09:26:51 WIB