Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Pemprov Riau Sambut Kedatangan Delegasi Malaysia Untuk Perbandingan Adat

Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyambut baik kedatangan Delegasi Kebawah Kaus yang Teramat Mulia dari Negeri Jiran, Malaysia. Kedatangan mereka ke  Riau dalam rangka mendapatkan masukan terkait perbandingan adat Luak Johol dan Melayu Riau.

Memimpin pertemuan tersebut, Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur mengucapkan terima kasih banyak atas kedatangan Delegasi Kebawah Kaus yang Teramat Mulia karena telah hadir di Provinsi Riau. Zulkifli mengatakan, ia yakin dan percaya bahwa hubungan baik Indonesia dan Malaysia yang merupakan negeri junjungan serumpun sudah ada sejak dahulu.

"Kami yakin dan percaya, secara hubungan kewarganegaraan, batin, kita adalah negeri junjungan yang serumpun dari dahulu," ujarnya di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau.

Zulkifli menjelaskan, Provinsi Riau merupakan salah satu dari 38 provinsi yang ada di Indonesia. Dimana, Prov. Riau sendiri berbatasan langsung dengan negeri Malaysia.

"Secara adat, pengamalan agama, kita sama. Dekat juga secara bahasa, menggunakan bahasa melayu," terangnya, Senin (4/3/2024).

Zulkifli menekankan Prov. Riau punya komitmen tinggi terhadap adat istiadat serta budaya. Ia katakan, sebagai bukti dari komitmen tersebut, Pemprov selalu berkoordinasi dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau membahas adat dan budaya.

"Di LAM Riau ada tiga tumpu sejarah. Ada ulama, ada pemerintah, ada tokoh adat. Ini menjadi bukti bahwa Riau punya komitmen besar terhadap adat istiadat serta budaya," ucapnya.

Ditambahkan Zulkifli, Prov. Riau sangatlah serius terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan budaya serta adat. Ia katakan, tanpa kedua hal tersebut, Prov. Riau tidak akan jadi sebesar yang kita rasakan sekarang.

Zulkifli tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kontribusi yang diberikan oleh Malaysia kepada Prov. Riau. Tidak lupa pula ucapan terima kasih ia berikan untuk Prov. Riau atas kontribusi yang diberikan untuk negeri Malaysia.

"Semoga hubungan ini memberi dampak damai dan selamat antara dua negeri yang satu rumpun ini," harapnya.

Nantinya Delegasi Kebawah Kaus yang Teramat Mulia akan berada di Provinsi Riau selama tiga hari mulai dari 4 hingga 6 Maret. Besok rencananya Delegasi tersebut akan menuju Kabupaten Siak untuk melakukan perbandingan adat yang ada di Luak Johol dan Melayu Riau di Kabupaten tersebut.

 

(Mediacenter Riau/mrs)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ops Ketupat Lancang Kuning di Riau Lancar

Rabu, 17 April 2024 | 15:20:41 WIB