Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Direktur  RSJ Tampan Zainal Arifin

PEKANBARU - Jumlah Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Pekanbaru over kapasitas. Kondisi ini membuat pihak rumah sakit cukup kewalahan dalam upaya penanganannya.

Direktur  RSJ Tampan Zainal Arifin mengatakan, pihak rumah sakit selalu menerima ODGJ dari berbagai pihak, dan kebanyakan dari mereka bahkan tidak memiliki identitas jelas. 

“Oleh karenanya, pihak RSJ Tampan kesulitan untuk menghubungi keluarga atau mengirimkan ke mana jika mereka sudah dinyatakan aman untuk dipulangkan,” katanya, Selasa (5/3/2024).

Dia menjelaskan, saat ini RSJ Tampan menampung sebanyak 328 ODGJ, dari 317 tempat tidur tersedia. Menurutnya, pihak RSJ tak bisa menolak jika ada ODGJ yang memang memerlukan penanganan.

Zainal menyebut, Pihak rumah sakit acap kali menerima ODGJ tanpa identitas, dan sudah jadi tanggung jawab pihaknya jika sudah masuk ke RSJ Tampan.

“Akhirnya, soal anggaran juga jadi masalah. Misal, sudah sehat dia, ke mana mau dipulangkan, identitasnya nggak ada. Satu-satunya cara kita menunggu keluarganya jemput. Tapi kebanyakan tidak dijemput,” ujarnya.

Bahkan, beberapa kasus ODGJ diantarkan langsung oleh pihak keluarganya dan meninggalkan nomor kontak. Namun, saat pihak rumah sakit tetap kesulitan menghubungi karena kontaknya sudah tidak aktif.

Zainal berharap, Dinas Sosial setempat turut serta ambil peran, terutama terhadap pasien ODGJ terlantar agar bisa memberikan tempat tinggal sementara. Jika tidak, over kapasitas di RSJ Tampan, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru ke depannya. 

 

 

(Mediacenter Riau/mlb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ops Ketupat Lancang Kuning di Riau Lancar

Rabu, 17 April 2024 | 15:20:41 WIB