Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Pemprov Riau Lakukan Perbaikan Jembatan Sungai Masjid Dumai

PEKANBARU - Jembatan Sungai Masjid yang menghubungkan Kecamatan Sungai Sembilan dan Kecamatan Dumai Barat yang sebelumnya mengalami kerusakan sudah diperbaiki. Perbaikan dilakukan agar jembatan bisa fungsional sebagaimana mestinya. 

"Iya, lantai jembatan Sungai Masjid yang sebelumnya mengalami kerusakan sudah kita perbaiki," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan, elasa (5/3/2024). 

Kerusakan lantai jembatan tersebut, lanjut Ardi, disebabkan banyaknya kendaraan over load yang melintasi jembatan. Sehingga ketika sudah diperbaiki masih sering terjadi keretakan. Namun, pihaknya tetap akan menjaga kondisi jembatan seperti sedia kala. 

Selain itu, pihaknya saat ini juga sedang melakukan pengencangan rangka-rangka jembatan. Sebab sejak jembatan tersebut ditabrak ikatan angin bagian atas, kondisi jembatan sedikit bergoyong yang akibathya lantai jembatan sering mengalami keretakan

"Sekarang kita sedang proses pengencangan rangka-rangka jembatan, agar keretakan lantai jembatan berkurang. Karena sejak ditabrak ikatan angin jembatan oleh truk, kondisi jembatan sedikit goyang karena ada benturan. Untuk itu, perlu dilakukan pengencangan dan sekarang sedang proses itu," terangnya. 

Sedangkan untuk perbaikan skor angin atas jembatan sendiri, Ardi menyampaikan, jika pihak perusahaan sudah bertanggung jawab akan mengganti ikatan angin jembatan. 

"Saat ini skor angin atas jembatan sedang dipesan dan nanti kita yang melakukan pekerjaan. Namun, menjelang ikatan angin itu datang kita lakukan pengencangan rangka-rangka jembatan," sebutnya. 

Namun pihaknya menegaskan perbaikan jembatan Sungai Masjid tersebut sifatnya hanya maintenance (pemeliharaan) untuk fungsional jembatan. Sebab untuk kontruksi jembatan permanen itu tidak bisa dilakukan UPT, tapi harus Bidang Bina Marga. 

"Jadi kita hanya melakukan pemeliharaan jembatan menjelang pembangunan jembatan duplikat yang putus kontrak itu diselesaikan tahun ini. Intinya bagaimana kita menjaga fungsional jembatan" tandasnya. 

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2024 ini akan melanjutkan pekerjaan pembangunan Jembatan Duplikat Sungai Masjid, Kota Dumai. 

Pasalnya, jembatan diatas Sungai Masjid yang menghubung Kecamatan Sungai Sembilan dan Kecamatan Dumai Barat itu putus kontrak pengerjaannya pada tahun 2023. 

"Pembangunan Jembatan Duplikat Sungai Masjid, Kota Dumai tahun ini ada kegiatan lanjutannya. Kita juga siapkan alokasikan anggarannya sesuai dengan kebutuhan sampai selesai. Direncanakan jembatan selesai tahun ini, semoga tidak ada kendala," kata Kepala Bina Marga, Dinas PUPR-PKPP Riau, Teza Dasra. 

Hanya saja, kata Teza, untuk melanjutkan pembangunan jembatan tersebut ada proses yang harus dilalui. Sebab kegiatan pekerjaan ke mantan itu putus kontrak pada tahun 2023.

"Untuk kegiatan jembatan itu kan putus kontrak. Makan kita harus menjalani terlebih dahulu audit kegiatan yang dikerjakan sebelumnya. Baru setelah itu kita lanjutkan kegiatan penyelesaian pembangunan jembatan," terangnya. 

Lebih lanjut Teza mengatakan, untuk audit pekerjaan jembatan Sungai Masjid itu pihaknya sudah mengirim surat permintaan audit ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). 

"Namun pada saat ini APIP juga sedang melakukan reviu untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2024. Mungkin setelah itu, akan langsung dilakukan audit terhadap kegiatan yang putus kontrak tersebut. Progres terakhir pekerjaan saat putus kontrak lebih kurang saat itu 41,7 persen," tandasnya. (Mc Riau/Aman). 

(Mediacenter Riau/amn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ops Ketupat Lancang Kuning di Riau Lancar

Rabu, 17 April 2024 | 15:20:41 WIB