Kamis, 12 Muharram 1446 H | 18 Juli 2024
Pemilu Belum Usai, Kapolda Riau Ingatkan Terus Jaga Persatuan
Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal

PEKANBARU - Pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini tengah menyelenggarakan tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menekankan perlunya pengelolaan yang maksimal pasca-pemungutan suara untuk menjaga stabilitas dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, masyarakat, Pemuda, dan jurnalis.

"Pesta demokrasi belum selesai, kita harus total melakukan pengelolaan yang maksimal, seperti melakukan cooling system dari seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh Pemuda, dan teman-teman jurnalis. Kita harus sepakat bahwa pemungutan suara sudah selesai tetapi ada berbagai hal yang harus kita lakukan," kata Iqbal pada Selasa (3/5/2024) di Pekanbaru.

"Kita sepakat bahwa apapun pendapat, apapun hasilnya, apapun sudut pandang berbagai elemen masyarakat, kita harus meletakkannya pada trek yang betul, ada gugatan, ada ruang gugatan, ada pengadilan, ada Bawaslu nanti ujungnya ada Mahkamah Konstitusi," imbuhnya.

Ia melaporkan, kondisi Provinsi Riau ditengah proses rekapitulasi penghitungan suara relatif kondusif. Lalu, ia mengingatkan untuk terus menjaga suasana aman dan kondusif tersebut.

"Alhamdulillah saya laporkan di wilayah Provinsi Riau sampai hari ini relatif sangat kondusif, bahkan saya dibantu oleh berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pemerintah provinsi dan lain-lain menyuarakan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi pilar utama," sebutnya.

"Pesta demokrasi jangan menjadikan kita pecah belah, Alhamdulillah dari ujung pulau Burung sampai Meranti saya sudah ke sana dapat saya sampaikan semua kondusif," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, rekalitulasi hasil penghitungan suara Pemilu di KPU kabupaten/kota telah selesai. Lalu, pada 7 Maret mendatang akan dilanjutkan dengan rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU provinsi.

"Saya informasikan hasil rekap rekapitulasi suara sudah selesai di tingkat  KPU Kabupaten/Kota. Tanggal 7 kita akan mulai rekapitulasi tingkat KPU provinsi di hotel Aryaduta," tuturnya.

"Saya perintahkan kepada tim saya untuk melakukan pengamanan yang sangat maksimal, tidak sedikit provinsi lainnya terjadi keributan disana. Maka kita harus maksimal mengawal, jangan sampai ada penyusup-penyusup yang bermuara pada gangguan, terus kita kawal sampai nanti Insyaallah selesai diterbangkan ke Jakarta," tandasnya. (Mc Riau/Alw). 

(Mediacenter Riau/Alw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau

Kamis, 18 Juli 2024 | 06:03:04 WIB

Mantap, Enam Elemen Smart City di Siak Terpenuhi

Rabu, 17 Juli 2024 | 16:07:57 WIB

3.555 Peserta Ikuti Ujian Berbasis Kompoter di Unri

Rabu, 17 Juli 2024 | 14:10:50 WIB