Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Terkait Lintas Bagansiapiapi - Sinaboi yang Rusak, Ini Penjelasan Dinas PUPR Riau
UPT JJ V Dinas PUPR PKPP sedang memperbaiki titik jalan yang rusak pada ruas jalan Sinaboi-Bagansiapiapi.

PEKANBARU – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Riau M Arief Setiawan melalui kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah II, Dinas PUPR Riau, Ardi Irfandi menegaskan, bahwa pihaknya telah bertanggungjawab terhadap kerusakan jalan Provinsi Riau pada ruas Jalan lintas Sinaboi-Bagansiapiapi.

"Saat ini kita tengah memperbaiki titik yang rusak di ruas jalan Sinaboi-Bagansiapiapi, jadi tidak benar kita membiarkan kerusakan jalan itu," kata Ardi mengklarifikasi pernyataan Camat Sinaboy Syamsu Kamar, Rabu (6/3/2024) yang mengatakan Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong telah berusaha melobi Pemerintah Provinsi Riau, namun hingga saat ini, jalan tersebut belum diperbaiki.

Dijelaskan Ardi, pihaknya tetap akan melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan yang ada di wilayah kerjanya sesuai dengan tugas dan fungsi dan kewenangan.

Namun, ia minta pihak Pemkab Rokan Hilir (Rohil) bisa ikut merawat jalan tersebut agar tidak kembali hancur ketika usai dirawat dengan cara membuat regulasi sesuai dengan UU nomor 38 tahun 2004 tentang jalan dan PP 34 tahun 2006 serta Undang-undang no 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

"Berdasarkan pengawasan kami, jalan ini hancur bukan hanya karena hujan dan banjir tapi penyebab utamanya karena muatan truk pengangkut buah kelapa sawit," ujarnya. 

Bahkan, ada kendaraan berukuran besar yang melebihi kekuatan jalan itu yang hanya mampu menahan beban di bawah 8 ton.

"Sedangkan truk pengangkut buah sawit muatannya belasan bahkan puluhan ton, bagaimana jalan tidak cepat hancur," jelasnya. 

Ardi mengatakan pihaknya akan segera menemui Pemkab Rohil dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk membicarakan regulasi yang bisa membuat jalan itu berumur panjang,

"Jika tidak ada aturan sia-sia rasanya kita rawat jalan itu sementara 'mesin' penghancur jalan seperti truk muatan kelapa sawit dan bus bebas lalu-lalang menghancurkan jalan tersebut, minimal setelah jalan ini selesai kita rawat, Pemkab Rohil pasang portal agar truk bermuatan diatas 8 ton tidak bisa melewatinya," imbuh Ardi. (Mc Riau/bgs). 

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Wakapolda Riau dan Kapolres Rohil Cek Kesiapan TPS

Senin, 12 Februari 2024 | 18:42:10 WIB