Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Rakorsus Karhutla 2024, Berikut Arahan Menkopolhukam RI

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto menyampaikan beberapa arahan dalam rapat koordinasi khusus (Rakorsus) Karhutla 2024 yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Kamis (14/3/24). 

Saat press conference usai Rakorsus Karhutla 2024, Menkopolhukam RI menerangkan bahwa Kementerian Lembaga, pemerintah daerah serta berbagai pihak terkait telah melakukan rapat koordinasi khusus untuk mengantisipasi dan penanggulangan Karhutla. 

Hadi Tjahjanto menerangkan, sesuai dengan prediksi BMKG, El Nino masih terjadi pada tahun 2024. Dengan prediksinya terjadinya pada bulan Mei, Juni dan Juli itu bisa netral dan berakhir pada akhir tahun 2024 mendatang. 

Sehingga terangnya, potensi terjadinya El Nino ini tentunya juga masih terjadi potensi Kebakaran Hutan dan Lahan. 

"Kita lihat pada bulan April, Juni saja, itu memang bisa tidak terlalu tinggi, namun pada bulan Mei itu mulai tinggi di wilayah Nusa Tenggara, ini antisipasi kita. Dan pada bulan Juli, Agustus, September itu makin meningkat di wilayah Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Namun untuk Jawa Bali diprediksi April ini sudah terjadi kekeringan," ucapnya. 

Hadi Tjahjanto menambahkan, untuk mengantisipasi dampak El Nino ini, TNI, Polri, kepala daerah, stakeholder dan masyarakat, diharapkan untuk saling bahu membahu dalam upaya melakukan mitigasi menangani Karhutla. 

Jelasnya, pemerintah juga sudah menyiapkan untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca yang dilaksanakan mulai bulan Maret ini sampai dengan bulan September mendatang. 

"Dan kita sudah memiliki data, termasuk sudah didukung oleh BMKG, BRIN dan TNI untuk menyiapkan alutsista serta teknologi modifikasi cuaca di daerah-daerah yang kita antisipasi," ujarnya. 

Kemudian Menkopolhukam RI ini menerangkan, pihaknya juga telah mengingatkan pemerintah daerah terkait dengan lahan gambut supaya tetap menjaganya dalam kondisi basah. 

Dia menyebutkan, pemerintah pusat juga sudah melakukan koordinasi untuk tetap menjaga kondisi basah gambut tersebut dengan melihat tinggi muka air di wilayah gambut jangan sampai kering. 

"Dan ini akan kita terus pantau dan antisipasinya adalah setelah lebaran ini kita sudah harus di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla," lanjut dia. 

Hadi Tjahjanto meyakini dengan sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak maka kejadian Karhutla untuk tahun 2024 ini akan bisa ditekan. 

"Saya yakin dengan sinergi dan kolaborasi dari kementerian lembaga di lapangan, TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat saling bahu membahu, maka kejadian Karhutla tahun 2024 bisa kita tekan, dan bahkan kita juga bisa antisipasi untuk tidak terjadi Karhutla," tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )